CIMB Niaga Auto Finance (CNAF) Gelar Penawaran Sukuk Rupiah 1 Ribu Miliar

Reporter: | Editor:

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. PT CIMB Niaga Auto Finance (CIMB Niaga Finance) menyelenggarakan Penawaran Umum Berkelanjutan Sukuk Wakalah Bi Al-istitsmar Berkelanjutan I CIMB Niaga Auto Finance tahap I tahun 2024 sebanyak-banyaknya Mata Uang Rupiah 1 triliun, pada tanggal 12 Juni 2024.

Presiden Direktur CIMB Niaga Finance Ristiawan Suherman mengungkapkan dana yang terkumpul dari penawaran sukuk ini akan digunakan perusahaan untuk penyertaan modal kerja pada kegiatan usaha pembiayaan syariah.

“Melalui penawaran ini kami berharap dapat menyokong pertumbuhan pembiayaan kendaraan ditahun 2024. Kami optimistis bertambah positif dalam tahun ini, dengan menghadirkan diversifikasi hasil pembiayaan sesuai dengan keperluan konsumen dan juga sebagai alternatif instrumen pembangunan ekonomi yang dimaksud menyita perhatian bagi investor,” ujar Ristiawan ketika paparan public expose, Rabu (12/6).

Baca Juga:

Penawaran Sukuk Wakalah Bi Al-Istitsmar I tahun 2024 terdiri dari dua Seri. Seri A dengan jangka waktu 370 Hari Kalender kemudian Seri B dengan jangka waktu 3 tahun sejak Tanggal Emisi. 

Pembayaran imbalan sukuk akan dilaksanakan setiap tiga bulan yang digunakan dimulai pada Oktober 2024 sampai dengan masa berakhir pada Juli 2025 untuk Seri A. Sementara untuk seri B sampai dengan bulan Juli 2027. 

Pembayaran pokok sukuk seri A serta seri B akan direalisasikan secara penuh atau bullet payment sebanyak 100% dari jumlah agregat pokok sukuk kan secara penuh atau bullet payment sebesar 100% dari jumlah total pokok Sukuk Wakalah Bi Al-Istitsmar I Seri A dan juga Seri B pada tanggal pembayaran kembali dana modal pembangunan ekonomi Seri A serta Seri B.

Adapun kupon untuk Seri A berada pada rentang 6,5–7,25% dengan tenor 370 hari kalender serta Seri B berada pada rentang 6,7–7,45% untuk tiga tahun

Selain itu, sejalan dengan rencana strategi perusahaan perusahaan, ke tahun 2024 ini CNAF akan fokus pada optimalisasi strategi digital dengan tujuan untuk mempermudah pelayanan nasabah.

“Dalam upaya untuk meningkatkan pangsa pasar, kami akan terus meningkatkan pelayanan terhadap konsumen lalu dealer kendaraan bermotor melalui pemanfaatan kanal digital yaitu CNAF Mobile yang dimaksud lebih banyak user-friendly, peluncuran produk-produk lalu kegiatan pembiayaan yang tersebut menarik, serta inovatif,” lanjutnya.

Di ketika yang tersebut bersamaan, Direktur Keuangan PT CIMB Niaga Auto Finance M Imron Rosyadi Nur menyebutkan keunggulan kompetitif dari CNAF adalah dukungan dari induk usaha, PT Bank CIMB Niaga, Tbk, pada hal infrastruktur pembiayaan dengan (Joint Financing), progam referral calon pengguna maupun kerjasama di pemanfaatan digitalisasi. 

Selain sumber pendanaan dari induk usaha, perusahaan terus melakukan diversifikasi untuk mendapatkan pendanaan yang paling efektif sesuai dengan keadaan pangsa melalui kerjasama dengan perbankan maupun bursa modal.

Baca Juga:

Sebagai informasi, CIMB Niaga Finance pada tahun 2023 telah dilakukan mencatat pembiayaan baru sebesar Rupiah 8,94 triliun atau berkembang sebesar 13,5% (YoY) dibandingkan periode yang dimaksud mirip pada tahun 2022 sebesar Rupiah 7,87 triliun. Modal baru dengan akad syariah mencapai 51% dari total pembiayaan baru. 

Dengan peningkatan pembiayaan baru, total aset kelolaan CIMB Niaga Finance mencapai Simbol Rupiah 11,26 triliun atau meningkat sebesar 21,7% dari tahun 2022 pada periode yang dimaksud mirip yaitu sebesar Rupiah 9,25 triliun.

Sejalan dengan peningkatan aset kelolaan, pada tahun 2023 perseroan berhasil membukukan laba sebelum pajak atau PBT (Profit Before Tax) sebesar Rupiah 520 miliar, naik 23% YoY dibandingkan dengan periode yang mana sebanding pada tahun 2022 sebesar Mata Uang Rupiah 424 miliar.

CIMB Niaga Finance juga tegas mempertahankan kualitas aset terlihat dari rasio pembiayaan bermasalah atau NPF (Non Performing Financing) sebesar 1,11% ke tahun 2023 atau ke bawah bilangan rata-rata sektor yaitu 2,44%. Rasio-rasio keuangan lainnya juga terjaga dengan baik, dimana pada tahun 2023, return on assets (ROA) dan juga return on equity (ROE) Perseroan setiap-tiap tercatat sebesar 6,80% kemudian 22,32%.

Selanjutnya:

Menarik Dibaca:

Cek Berita kemudian Artikel yang dimaksud lain ke



Artikel ini disadur dari CIMB Niaga Auto Finance (CNAF) Gelar Penawaran Sukuk Rp 1 Triliun

Menasional.com menyajikan berita virtual dengan gaya penulisan bebas dan millenial. Wujudkan mimpimu, Menasional bersama kami

You might also like
Follow Gnews