Telkom Bangun Angka Center Kecerdasan Buatan Raksasa pada Batam, Malaya Kalah

Batam, CNBC Indonesia – PT Telkom Negara Indonesia Tbk. (TLKM) melalui anak usahanya PT Telkom Angka Ekosistem (Neutra DC) mengumumkan hyperscale data center dalam Batam, Kepulauan Riau akan rampung pada kuartal III/2025.

Data center yang berlokasi di dalam Kabil Integrated Industrial Estate ini memiliki tiga struktur atau kampus data center, dengan total luas hingga 10 hektare, kapasitas sebesar 50MW, hingga pembangunan ekonomi mencapai Mata Uang Rupiah 1,5- Simbol Rupiah 1,6 triliun.

Nginklan Yuk

Direktur Group Business Development Telkom Honesti Basyir menjelaskan, data center tier IV ini sanggup menampung data-data kecerdasan buatan atau artificial intelligence hingga 70% dari keseluruhan kapasitas.

Menurutnya, hal ini bukan terlepas dari teknologi water cooling system yang digunakan dimiliki data center yang dimaksud lalu berubah jadi diferensiasi apabila dibandingkan dengan data center lainnya.

“Kita punya beberapa hal yang digunakan bermetamorfosis menjadi diferensiasi kita ke depan, hambatan power kemudian hambatan water supply, oleh sebab itu kalau kita ngomongin Kecerdasan Buatan ke depan, kita membutuhkan satu kesulitan power, kedua water cooling itu sendiri,” ujar Honesti ke sela konferensi pers, Kamis (13/6/2025).

Adapun Honesti memaparkan diperkenalkan teknologi water cooling system ini juga yang dimaksud bisa jadi menciptakan Indonesi unggul dibandingkan Malaysia, sebab teknologi yang tersebut satu ini baru pertama kali digunakan pada data center.

Nginklan Yuk

Dengan adanya proyek ini, kata Honesti, kontribusi Telkom ke negara sanggup melebihi Mata Uang Rupiah 50 triliun pada setahun. Terlebih, ketika ini penetrasi digital makin tinggi juga komunitas Indonesi sendiri merupakan salah satu pengguna internet terbanyak dalam dunia.

“Sekarang hanya Telkom sumbangan kita sebagai grup dari PNBP [Penerimaan Negara Bukan Pajak] itu Mata Uang Rupiah 50 triliun pada setahun. Nah ini kan sanggup besar lagi dengan kita memonotisasi sektor ekonomi digital yang ada pada waktu ini,”ujarHonesti.

Artikel ini disadur dari Telkom Bangun Data Center AI Raksasa di Batam, Malaysia Kalah

Menasional.com menyajikan berita virtual dengan gaya penulisan bebas dan millenial. Wujudkan mimpimu, Menasional bersama kami

You might also like
Follow Gnews