7 Update Gaza! Menteri tanah Israel ‘Tusuk’ Netanyahu dari Belakang-Prabowo

Jakarta, CNBC Indonesia – Konflik antara negara Israel juga gerakan Hamas masih terus berlangsung ke Gaza. Saat ini, belum ada tanda jelas bahwa peperangan itu akan berakhir, walaupun sudah muncul proposal perdamaian yang tersebut digagas Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden.

Berikut perkembangan terbarunya sebagaimana dirangkum CNBC Indonesia, Mulai Pekan (10/6/2024):

Nginklan Yuk

1. Menteri Israel 

Menteri negeri Israel bak “menusuk” PM Netanyahu dari belakang.  Salah satunya Benny Gantz yang resmi pergi dari dari kabinet Hari Minggu (9/6/2024).

Sebelumnya 18 Mei, Gantz sudah mengumumkan bahwa jikalau Netanyahu tiada menciptakan rencana yang dimaksud koheren untuk mengakibatkan pulang para sandera dan juga tata kelola Wilayah Gaza pascaperang. Ia mengultimatum meninggalkan kabinet pertempuran paling lambat 8 Juni.

“Keluar dari pemerintahan adalah langkah yang digunakan rumit juga menyakitkan,” kata Gantz di pernyataan yang dimaksud disiarkan televisi.

“Netanyahu mengurangi kita untuk berpindah progresif menuju kemenangan sejati [di Gaza]. Itulah sebabnya kami meninggalkan pemerintahan darurat hari ini dengan berat hati, tetapi dengan sepenuh hati,” katanya.

Nginklan Yuk

Sejumlah analis menafsirkan bahwa langkah Gantz bukan akan menyebabkan pemerintahan Netanyahu runtuh. Pasalnya, pada waktu ini Netanyahu lalu mitra koalisinya masih memiliki 64 dari 120 kursi Knesset.

“Benny Gantz pada kesulitan,” kata mantan negosiator Timur Tengah Aaron David Miller sebelum pengunduran diri Gantz.

“Dia ingin permanen berada di dalam pemerintahan, ia menyebabkan semacam tangan yang dimaksud moderat, tetapi ia tiada mempunyai kemungkinan ketika ini untuk menjatuhkan pemerintahan,” ujarnya.

2. Militer tanah Israel Stress Tindakan pada Gaza

Pasukan negeri Israel masih kesulitan menaklukkan Gaza. Laporan terbaru justru menunjukkan adanya kekurangan tentara ke pasukan cadangan ketika konflik memasuki bulan kesembilan, sehingga mengupayakan Negeri Yahudi itu mencari sukarelawan untuk berperang.

Melansir Palestine Chronicle, yang digunakan mengutip beberapa orang sumber, termasuk dari Israel, melaporkan individu tentara tanah Israel bunuh diri setelahnya diperintahkan untuk kembali ke dinas militer dalam Jalur Gaza.

Sebelumnya, surat kabar tanah Israel Haaretz mengungkapkan bahwa sejak 7 Oktober, 10 perwira kemudian tentara sudah pernah melakukan bunuh diri, dengan beberapa dalam antaranya terjadi selama pertempuran di dalam permukiman sekitar Gaza.

Pada pertengahan bulan Maret, tentara negeri Israel mengakui menghadapi krisis kesejahteraan mental yang mana paling signifikan sejak tahun 1973, yang tersebut berasal dari pertempuran dengan kelompok Perlawanan Palestina ke Jalur Wilayah Gaza sejak operasi Banjir Al-Aqsa pada tanggal 7 Oktober.

Bulan lalu, surat kabar Yedioth Ahronoth melaporkan bahwa jajak pendapat internal militer menunjukkan belaka 42% perwira permanen yang mana ingin melanjutkan dinas militer pasca peperangan ke Gaza, turun dari 49% pada Agustus tahun sebelumnya.

Selain itu, laporan dari tanah Israel menunjukkan adanya kekurangan tentara di pasukan cadangan ketika konflik memasuki bulan kesembilan, sehingga menyokong tentara negara Israel untuk mencari sukarelawan untuk berperang ke Gaza.

Tentara tanah Israel telah dilakukan melaporkan 3.763 tentara terluka sejak peperangan dimulai pada 7 Oktober, dengan 1.902 cedera muncul sejak dimulainya pertempuran darat pada 27 Oktober.

Korban tewas resmi tentara negara Israel mencapai 646 tentara dan juga perwira sejak konflik dimulai, diantaranya 294 warga tewas di pertempuran darat ke Gaza. Namun, rumah sakit kemudian media negara Israel menyatakan bahwa jumlah total korban sebenarnya tambahan tinggi dari yang digunakan dilaporkan.

3. Raja Salman Beri Hadiah ke Palestina

Raja Salman dari Arab Saudi kembali mengundang 1.000 anggota keluarga warga Palestina untuk menunaikan ibadah haji. Menurut laporan Saudi Press Agency, perintah yang dimaksud dikeluarkan Raja Salman pada Akhir Pekan 9 Juni 2024.

Melansir Arab News, adapun 1.000 pemukim yang dimaksud adalah keluarga dari warga Palestina yang mana terbunuh atau terluka akibat serangan Israel.

Arahan yang dimaksud muncul pasca perintah sejenis dikeluarkan pada bulan Mei, juga untuk 1.000 anggota keluarga warga Palestina yang bermetamorfosis menjadi penderita genosida negara Israel di Jalur Gaza. Dengan demikian, total total yang mana ditampung dari Palestina untuk ibadah haji tahun ini menjadi 2.000 orang.

4. Prabowo

Menteri Defense (Menhan) yang juga presiden terpilih Indonesia, Prabowo Subianto, melakukan lawatan ke Yordania, Awal Minggu (10/6/2024). Lawatannya ini untuk mewakili Presiden Joko Widodo pada acara konferensi tingkat membesar “Call for Action: Urgent Humanitarian Response for Gaza”

Dalam akun Instagram resmi Kementerian Keamanan (Kemhan) RI, kedatangan Menhan Prabowo disambut oleh Minister of State for Prime Ministry Affairs Ibrahim Mashhour Al Jazi lalu Atase Perlindungan RI untuk Mesir dalam Kairo, Kolonel Kav Aria Sanggita Saleh.

“Kehadiran Menhan Prabowo … menghadapi undangan President of the Arab Republic of Egypt H.E. Mr. Abdel Fattah El Sisi, King of the Hashemite Kingdom of Jordan H.E. Mr. Abdullah II ibn Al Hussein, juga Secretary-General of the United Nations H.E. Mr. Antonio Guterres, yang disampaikan terhadap Presiden Jokowi pada 30 Mei 2024,” tulis postingan tersebut.

“Konferensi ini diselenggarakan bersatu oleh Kerajaan Hasyimiyah Yordania, Republik Arab Mesir, kemudian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 11 Juni 2024 di dalam Yordania, untuk meningkatkan kekuatan tanggapan komunitas internasional terhadap bencana kemanusiaan di dalam Gaza.”

Hingga ketika ini, Nusantara terus mengupayakan agar negara Israel mau menghentikan serangannya dalam Gaza, Palestina. Sebelumnya, Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, mengutarakan bahwa Negara Indonesia akan menggunakan all possible avenue atau segala cara yang tersebut memungkinkan untuk menciptakan perdamaian dalam Gaza.

Menhan Prabowo juga sempat mengeksplorasi perdamaian dalam Kawasan Gaza pada forum Shangri La Dialogue dalam Singapura beberapa hari lalu. Ia mengatakan Tanah Air siap mengirimkan pasukan perdamaian bila diperintah oleh PBB

5. Suplai Makanan Kawasan Gaza Madek

Direktur Proyek Pangan Global (WFP), Cindy McCain, mengutarakan distribusi bantuan melalui dermaga yang dibangun Negeri Paman Sam di lepas pantai Kawasan Gaza telah dilakukan dihentikan sementara. Hal ini disebabkan ancaman keamanan di sedang serangan yang terus dilaksanakan Israel.

“Saat ini, kami sedang jeda,” katanya pada kegiatan Face the Nation, seraya menambahkan bahwa dua gudang WFP juga terkena serangan roket kemudian satu warga terluka.

“Saya prihatin dengan keselamatan rakyat kami. Kami telah lama mengambil langkah mundur untuk ketika ini… untuk melakukan konfirmasi situasi kami aman serta aman sebelum kami memulai kembali. Namun wilayah lain ke negara ini masih beroperasi. Kami melakukan segala yang digunakan kami bisa jadi di Utara kemudian Selatan,” ujarnya.

6. negeri Israel Serang Tepi Barat

Pasukan tanah Israel melakukan rangkaian serangan di Tepi Barat yang diduduki pada hari Mingguan malam. Militer Zionis menggerebek rumah-rumah ke Qalqilya, menangkap sedikitnya empat warga Palestina.

Penggerebekan juga dijalankan ke Daerah Perkotaan Arrabeh kemudian Yabad juga desa Jalbun yang dimaksud terletak di provinsi Jenin. Namun bukan ada penangkapan yang mana dilakukan.

Di luar wilayah itu, negeri Israel juga menyerbu kota Beitunia serta desa Tal pada Awal Minggu dini hari.

Al Jazeera per Hari Senin pagi melaporkan setidaknya 37.084 pemukim telah dilakukan tewas serta 84.494 penduduk terluka sejak serangan negara Israel dimulai dalam Daerah Gaza pada 7 Oktober. Di sisi lain jumlah keseluruhan individu yang terjebak tewas ke negara Israel akibat serangan gerakan Hamas pada 7 Oktober mencapai 1.139 orang, dengan puluhan pendatang masih ditawan ke Gaza.

Artikel ini disadur dari 7 Update Gaza! Menteri Israel ‘Tusuk’ Netanyahu dari Belakang-Prabowo

Menasional.com menyajikan berita virtual dengan gaya penulisan bebas dan millenial. Wujudkan mimpimu, Menasional bersama kami

You might also like
Follow Gnews