RI Mau Bikin Satelit Mirip Starlink, Amankan 13.400 Slot Orbit

Jakarta, CNBC Indonesia – eksekutif berencana mengembangkan satelit orbit bumi rendah (Low Earth Orbit/LEO) seperti layanan Starlink.

Untuk itu Kementerian Komunikasi serta Informatika (Kominfo) telah lama mengajukan pendaftaran pemanfaatan 13.400 slot satelit LEO untuk Indonesia.

Menteri Komunikasi dan juga Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengaku dirinya telah dilakukan bertemu ITU (International Telecommunication Union) memohonkan agar Nusantara diberikan kesempatan untuk menempati slot satelit LEO.

Ia menuturkan bahwa layanan internet berbasis satelit Starlink milik Elon Musk berputar secara polaris, yakni dari Utara-Selatan. Sementara Tanah Air meminta-minta agar satelit LEO berada ke ekuatorial, yakni dari Timur-Barat.

“Minggu kemudian saya ke Jenewa telah ketemu ITU, saya memohon agar Indonesia diberikan kesempatan untuk slot orbit satelit LEO,” kata beliau pada waktu rapat dengan Komisi I DPR RI, Mulai Pekan (10/6/2024).

“Karena Starlink ini kalau bola bumi itu polaris, utara selatan. Sedangkan Negara Indonesia ingin yang dimaksud ekuatorial, yang mana timur barat. Karena satelit LEO itu setiap saat muter,” imbuhnya.

Budi menjelaskan bahwa secara hukum internasional, Indonesi hanya sekali mencakup 100 kilometer ke melawan Bumi yang dimaksud masih berubah menjadi kedaulatan negara.

“Di melawan 100 km telah pangsa bebas, sehingga kita melobi ITU kemudian kita juga diberikan kesempatan untuk mengoperasikan satelit LEO,” jelasnya.

Ditemui pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Informan Daya Peralatan Pos juga Informatika (Dirjen SDPPI) Kemenkominfo Ismail menyampaikan bahwa pada waktu ini Kominfo berada dalam mengusulkan untuk mengamankan 13.400 slot satelit orbit LEO.

Dengan mengamankan slot ini, Indonesi akan memiliki satelit lokal LEO.

“Iya, rencananya begitu, diusulkan dulu slot-nya, periode waktunya belum ditentukan, tetapi kami mau usahakan supaya ada alokasi slot satelit LEO.” jelasnya.

Artikel ini disadur dari RI Mau Bikin Satelit Mirip Starlink, Amankan 13.400 Slot Orbit

You might also like
Follow Gnews