Paus Fransiskus Tiba ke Timor Leste, Disambut Presiden Ramos Horta

Dili

Pemimpin Gereja Katolik sedunia, Paus Fransiskus, tiba ke Timor Leste pada Awal Minggu (9/9) siang waktu setempat, yang mana merupakan negara ketiga pada rangkaian kunjungan selama 12 hari dalam kawasan Asia-Pasifik. Presiden Jose Ramos Horta menyambut dengan segera Paus Fransiskus pada bandara setempat.

Seperti dilansir Reuters lalu AFP, Hari Senin (9/9/2024), Paus Fransiskus dan juga rombongannya tiba pada Bandara Internasional Presiden Nicolau Lobato dalam Dili pada Awal Minggu (9/9) siang, sekitar pukul 14.20 waktu setempat. Timor Leste berubah menjadi negara ketiga yang dimaksud dikunjung Paus Fransikus pasca Indonesi lalu Papua Nugini.

Paus Fransiskus secara langsung ditemui oleh Presiden Timor Leste, Jose Manuel Ramos-Horta, setibanya dalam bandara. Sekelompok anak sekolah yang mengenakan pakaian tradisional juga turut menyambutnya, dengan memberikan bunga lalu syal tenun seremonial bernama “tai”.

Pemimpin umat Katolik sedunia yang berusia 87 tahun ini, akan melakukan kunjungan selama tiga hari, yang tersebut mencakup perayaan misa, yang dimaksud menurut Vatikan, akan dihadiri lebih tinggi dari separuh dari total 1,3 jt jiwa penduduk Timor Leste. Diketahui bahwa mayoritas penduduk Timor Leste merupakan penganut Katolik.

Dilaporkan bahwa para jemaat Katolik ke Timor Leste rela menempuh perjalanan sangat dari kota-kota di dalam pinggiran, serta bahkan diperkirakan akan ada beberapa warga negara Indonesia yang digunakan tinggal di Nusa Tenggara Timur, yang digunakan akan melintasi perbatasan demi mengunjungi misa bersatu Paus Fransiskus.

ADVERTISEMENT

Rangkaian kegiatan Paus Fransiskus di Timor Leste akan dimulai pada Hari Senin (9/9) waktu setempat, dalam mana beliau akan berpidato dalam hadapan otoritas politik. Paus Fransiskus juga dijadwalkan bertemu dengan anak-anak juga umat Katolik di Timor Leste.

Misa dengan Paus Fransiskus akan dilakukan pada Selasa (10/9) besok di dalam area pesisir Tasitolu yang mana luas. Pihak pengurus mempersiapkan penampilan sekitar 750.000 di misa tersebut.

Pope Francis is welcomed at President Nicolau Lobato International Airport during his apostolic visit to Asia, in Dili, East Timor, September 9, 2024. REUTERS/Guglielmo Mangiapane Purchase Licensing RightsPaus Fransiskus disambut anak-anak Timor Leste yang digunakan mengenakan pakaian tradisional ketika tiba dalam Dili Foto: REUTERS/Guglielmo Mangiapane Purchase Licensing Rights

Dari Timor Leste, Paus Fransiskus akan melanjutkan perjalanan apostoliknya ke Singapura sebelum pulang ke Roma pada 13 September mendatang.

ADVERTISEMENT

Simak Video: Paus Fransiskus Akan ke Timor Leste, Bus Lintas Batas Negara Banjir Pesanan

[Gambas:Video 20detik]

Artikel ini disadur dari Paus Fransiskus Tiba di Timor Leste, Disambut Presiden Ramos Horta

Halo! Saya tim author di Menasional.com | Senang menulis dan Berpengalaman dalam menulis berita.

You might also like
Follow Gnews