Topan Super Yagi Picu Kehancuran di dalam Vietnam-China, 63 Orang Tewas

Hanoi

Topan super Yagi yang mana menerjang wilayah Vietnam bagian utara dan juga China bagian selatan pada akhir pekan telah lama memulai kehancuran. Lebih dari 60 penduduk dilaporkan tewas atau hilang akibat beragam insiden yang digunakan dipicu oleh topan super itu dalam kedua negara yang bertetangga tersebut.

Topan super Yagi yang mana diwarnai hujan lebat, seperti dilansir BNN Bloomberg, Awal Minggu (9/9/2024), telah terjadi memulai tanah longsor lalu banjir, yang digunakan diwarnai pohon tumbang, juga kehancuran pada infrastruktur energi setempat.

Menurut laporan kantor berita Xinhua yang digunakan mengutip Otoritas Meteorologi China, Yagi merupakan topan musim gugur paling kuat yang digunakan pernah menerjang wilayah China sejak tahun 1949 silam.

Laporan televisi pemerintah China, CCTV, menyampaikan sedikitnya empat penduduk tewas dalam Provinsi Hainan akibat terjangan topan super Yagi. Hampir satu jt penduduk ke area yang dimaksud lalu Provinsi Guangdong pada dekatnya, telah terjadi dievakuasi ketika topan mendekat.

Di wilayah Vietnam bagian Utara, menurut laporan pemerintah Hanoi, sedikitnya 59 pemukim tewas atau hilang setelahnya terjangan topan super Yagi menyebabkan tanah longsor kemudian banjir ke area tersebut.

ADVERTISEMENT

Topan super Yagi menerjang wilayah China sebanyak dua kali pada Hari Jumat (6/9) lalu, dengan pertama menghantam area Hainan dan juga kemudian Guangdong.

Yagi ditetapkan setara dengan badai kategori 4 di mana menerjang Hainan, yang dianggap sebagai badai besar yang digunakan mampu mengakibatkan kehancuran besar.

Pada Akhir Pekan (8/9) waktu setempat, seperti dilaporkan Xinhua, topan super Yagi diturunkan levelnya berubah jadi depresi tropis. Namun Pusat Meteorologi Nasional China mengungkapkan hujan lebat masih mengancam sebagian wilayah Guangxi lalu Yunnan.

Simak berita selengkapnya di dalam halaman selanjutnya.

Yagi dilaporkan membuat kerugian besar ke sektor pertanian di Hainan, dengan sekitar 93.000 hektare lahan terdampak kemudian sepertiganya tidaklah sanggup dipanen.

Di Vietnam bagian utara, menurut laporan VnExpress, banjir yang tersebut dipicu Yagi telah terjadi menghancurkan lebih besar dari 120.000 hektare hasil panen padi juga flora lainnya. Hujan lebat juga diperkirakan masih berubah jadi risiko ke wilayah tersebut, sekitar 17.000 pohon di dalam area Hanoi dilaporkan tumbang atau rusak.

Pasokan listrik ke beberapa provinsi serta kota dalam Vietnam terputus dan juga saluran komunikasi juga bergabung terputus akibat topan super Yagi. Northern Power Crop melaporkan tambahan dari 5,7 jt pelanggan terdampak Yagi, meskipun aliran listrik untuk 4,2 jt pelanggan ke antaranya telah lama dipulihkan kembali.

ADVERTISEMENT

Simak Video: Penampakan Topan Super Yagi Terjang Vietnam-China, 63 Orang Tewas

[Gambas:Video 20detik]

Artikel ini disadur dari Topan Super Yagi Picu Kehancuran di Vietnam-China, 63 Orang Tewas

Halo! Saya tim author di Menasional.com | Senang menulis dan Berpengalaman dalam menulis berita.

You might also like
Follow Gnews