600.000 Orang Hadiri Misa Akbar Paus Fransiskus ke Timor Leste

Dili

Sekitar 600.000 warga telah dilakukan memadati area taman tepi pantai Tasitolu pada Timor Leste untuk mengunjungi misa akbar Paus Fransiskus pada Selasa (10/9). Jumlah yang disebutkan mencapai hampir setengah dari total populasi Timor Leste yang mana mencapai 1,3 jt jiwa,

Meskipun misa Kepausan lainnya menyita perhatian jutaan pendatang di negara yang tersebut berpenduduk tambahan sejumlah serta tentu semata ada warga asing yang digunakan hadir di misa itu, massa di Timor Leste diyakini mewakili jumlah keseluruhan partisipan terbesar untuk acara kepausan mana pun, jikalau dilihat dari proporsi jumlah agregat penduduknya.

Demikian seperti dilansir Associated Press, Selasa (10/9/2024).

Taman Tasitolu dipenuhi lautan payung berwarna kuning-putih yang tersebut mencerminkan bendera Vatikan, pada waktu penduduk Timor Leste melindungi diri dari sinar matahari sore sembari mengantisipasi penampilan Paus Fransiskus. Mereka sesekali mendapat “bantuan” dari truk air yang mana menyemprotkan air ke berhadapan dengan lautan payung tersebut.

“Kami sangat senang Paus datang ke Timor (Leste) oleh sebab itu hal ini memberikan berkat bagi tanah kami dan juga rakyat kami,” ucap Dirce Maria Teresa Freitas (44) yang dimaksud tiba dalam posisi sejak pukul 09.00 pagi waktu setempat, atau tujuh jam sebelum misa dimulai, dari Bacau.

ADVERTISEMENT

Otoritas pemerintah Timor Leste memaparkan sekitar 300.000 penduduk sudah mendaftar melalui keuskupan mereka untuk bisa saja mengunjungi Misa Akbar tersebut. Namun Presiden Jose Ramos-Hormat memperkirakan 700.000 pemukim akan hadir, sedangkan Vatikan memperkirakan sebanyak 750.000 khalayak akan hadir.

Juru bicara Vatikan, Matteo Bruni, menyampaikan perkiraan pihak pelaksana yang dimaksud mengumumkan 600.000 pendatang telah terjadi hadir dalam area taman Tasitolu dan juga sekitarnya.

Para jemaat yang digunakan hadir berbaris sejak sebelum fajar untuk memasuki taman Tasitolu, area pesisir terbuka yang mana berjarak 8 kilometer dari pusat ibu kota Dili. Beberapa jam sebelum misa dimulai, ruas jalanan menuju ke tempat kejadian dipadati mobil, truk lalu bus yang mengakibatkan berbagai orang.

Beberapa pemukim terpaksa berjalan kaki, bahkan hingga di berada dalam jalanan lalu mengabaikan trotoar, demi mencapai area misa. Suhu udara dalam lokasi mencapai 31 derajat Celsius dan juga terasa lebih banyak panas dengan kelembapan tambahan dari 50 persen.

“Bagi kami, Paus adalah cerminan Tuhan Yesus, sebagai individu gembala yang dimaksud ingin meninjau domba-dombanya, jadi kami datang kepadanya dengan sepenuh hari kami sebagai ibadah kami,” ucap Alfonso de Jesus yang dimaksud datang dari Bacau, kota terbesar kedua dalam Timor Leste pasca Dili.

Timor Leste berubah jadi negara ketiga yang dimaksud dikunjungi Paus Fransiskus pada Perjalanan Apostoliknya selama 12 hari pada kawasan Asia Pasifik. Paus Fransiskus sebelumnya telah lama mengunjungi Indonesi lalu Papua Nugini, kemudian akan mengakhiri kunjungannya pada Singapura sebelum kembali ke Roma pada 13 September.

Artikel ini disadur dari 600.000 Orang Hadiri Misa Akbar Paus Fransiskus di Timor Leste

Halo! Saya tim author di Menasional.com | Senang menulis dan Berpengalaman dalam menulis berita.

You might also like
Follow Gnews