5 Berita Terpopuler Internasional Hari Hal ini

Jakarta

Sekitar 600.000 pemukim sudah memadati area taman tepi pantai Tasitolu di Timor Leste untuk hadir di misa akbar Paus Fransiskus pada Selasa (10/9). Jumlah yang dimaksud mencapai hampir setengah dari total populasi Timor Leste yang mencapai 1,3 jt jiwa,

Meskipun misa Kepausan lainnya menyita perhatian jutaan warga pada negara yang mana berpenduduk lebih besar berbagai serta tentu hanya ada warga asing yang tersebut hadir di misa itu, massa ke Timor Leste diyakini mewakili jumlah agregat kontestan terbesar untuk acara kepausan mana pun, apabila dilihat dari proporsi total penduduknya.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang dimaksud mendebarkan perhatian pembaca detikcom, hari ini, Selasa (10/9/2024):

– PBB Akan Voting Resolusi Tuntut tanah Israel Akhiri Pendudukan Palestina

Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) akan menyelenggarakan voting pekan depan terhadap rancangan resolusi, yang isinya menuntut negara Israel untuk mengakhiri “kehadirannya yang mana melanggar hukum di Wilayah Pendudukan Palestina” di waktu enam bulan.

ADVERTISEMENT

Tujuan utama dari rancangan resolusi tersebut, seperti dilansir Reuters, Selasa (10/9/2024), adalah untuk merespons saran pendapat pada Juli tak lama kemudian dari Mahkamah Internasional (ICJ) yang mengumumkan pendudukan negeri Israel berhadapan dengan wilayah lalu permukiman Palestina adalah ilegal serta harus dicabut.

Rencana resolusi yang akan divoting oleh Majelis Umum PBB itu disusun oleh Otoritas Palestina.

– Serangan Drone negeri Ukraina Tewaskan Bocah 9 Tahun pada Moskow

Serangan drone negara Ukraina menghantam banyak wilayah Rusia, salah satunya ibu kota Moskow, pada Selasa (10/9) dini hari. Nahas, manusia anak tewas di serangan yang mana menghantam wilayah Moskow.

Laporan para pejabat lokal kemudian media pemerintah, seperti dilansir AFP, Selasa (10/9/2024), mengumumkan pertahanan udara Rusia berhasil menembak jatuh lebih besar dari 70 drone yang tersebut diperkenalkan tanah Ukraina sejak Mulai Pekan (9/9) waktu malam hingga Selasa (10/9) dini hari.

Gubernur wilayah Moskow, Andrey Vorobyov, pada pernyataan via Telegram melaporkan bahwa setidaknya 14 drone di dalam antaranya berhasil dicegat ke pada serta sekitar wilayah Moskow.

– Ngegas! Kim Jong Un Perintahkan Korut Tingkatkan Senjata Nuklir

Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un mengemukakan negaranya pada waktu ini menerapkan kebijakan konstruksi kekuatan nuklir. Dia pun memerintahkan peningkatan jumlah agregat senjata nuklir Korut “secara eksponensial”.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (10/9/2024), perintah itu disampaikan Kim Jong Un pada waktu berpidato pada rangka ulang tahun berdirinya Korut pada Awal Minggu (9/9) waktu setempat, seperti dilaporkan kantor berita resmi Korut, Korean Central News Agency (KCNA).

Dalam pidatonya, menurut KCNA, Kim Jong Un menegaskan bahwa Korut harus lebih banyak mempersiapkan “kemampuan nuklirnya serta kesiapan untuk menggunakannya dengan benar kapan saja, demi melakukan konfirmasi hak keamanan negaranya”.

– negara Israel Klaim Serang Komandan Senior organisasi Hamas pada Zona Pengungsi Gaza

Militer tanah Israel mengklaim pasukannya menyerang para komandan senior organisasi Hamas yang dimaksud beroperasi dalam pusat komando, yang terletak pada pada zona kemanusiaan bagi para pengungsi Palestina, ke area Khan Younis, Jalur Daerah Gaza bagian selatan.

ADVERTISEMENT

Israel menuduh komandan-komandan senior organisasi Hamas itu terlibat di serangan 7 Oktober tahun lalu, yang mana memicu peperangan tanpa henti di Jalur Daerah Gaza hingga kini.

“Para teroris ini terlibat dengan segera di pelaksanaan Pembantaian 7 Oktober serta baru-baru ini beroperasi untuk melakukan kegiatan teror,” klaim militer tanah Israel di pernyataannya, seperti dilansir Media Reuters lalu Al Arabiya, Selasa (10/9/2024).

– 600.000 Orang Hadiri Misa Akbar Paus Fransiskus dalam Timor Leste

Sekitar 600.000 pemukim sudah memadati area taman tepi pantai Tasitolu dalam Timor Leste untuk hadir di misa akbar Paus Fransiskus pada Selasa (10/9). Jumlah yang disebutkan mencapai hampir setengah dari total populasi Timor Leste yang tersebut mencapai 1,3 jt jiwa,

Meskipun misa Kepausan lainnya menantang jutaan penduduk di negara yang digunakan berpenduduk lebih lanjut sejumlah juga tentu semata ada warga asing yang mana hadir pada misa itu, massa dalam Timor Leste diyakini mewakili total partisipan terbesar untuk acara kepausan mana pun, jikalau dilihat dari proporsi jumlah keseluruhan penduduknya.

Demikian seperti dilansir Associated Press, Selasa (10/9/2024).

Artikel ini disadur dari 5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini

Halo! Saya tim author di Menasional.com | Senang menulis dan Berpengalaman dalam menulis berita.

You might also like
Follow Gnews