Ketika Pemain Lokal Resah sebab Wacana Penambahan Kuota Pemain Mancanegara di Kompetisi 1

JakartaDunia sepak bola Indonesia kembali diramaikan dengan aksi para pemain. Kali ini, tidak di lapangan hijau, melainkan di media sosial. Kampanye ini terlihat dari postingan dalam akun Instagram resmi beberapa pemain sepak bola Kompetisi 1.

Sejumlah pemain nasional, seperti kiper Persija Andritany Ardhiyasa, pemain sayap Persib Febri Haryadi, kemudian gelandang PSIS Septian David Maulana, serta beberapa pemain lainnya kompak mengunggah gambar tanda tanya besar dengan latar belakang hitam juga tulisan “ini sepak bola Indonesia?” di akun Instagram mereka.

Namun, tidak ada semua pemain miliki narasi yang mirip di kampanye ini. Bek Borneo FC, Diego Michiels, misalnya, memposting gambar sejenis namun dengan narasi yang tersebut berbeda.

Diego menuliskan, “Mohon maaf kawan-kawan di Turnamen 1 semua tapi saya setuju kalo ditambah kuota pemain asing demi kualitas liga naik, demi kualitas pada latihan naik. Demi kualitas kita sendiri naik, demi mental naik FC. #maapmaap.”

Sampai pada waktu ini, baik PSSI maupun PT LIB belum memberikan tanggapan resmi terkait kampanye ini. Anggota Komite Eksekutif PSSI, Arya Sinulingga, cuma memohonkan agar para pemain diberi waktu untuk menyampaikan keinginannya.

Tunggulah merek ngomong dulu,” kata Arya melalui perangkat lunak arahan Whatsapp seperti dikutipkan dari Antara.

Meskipun belum ada pernyataan resmi yang dimaksud menjelaskan tujuan kampanye ini, dugaan sementara menyebutkan bahwa kampanye ini merupakan bentuk mengecam terhadap inovasi peraturan PT Kompetisi Tanah Air Baru (LIB) terkait kuota pemain asing dalam Turnamen 1 untuk musim depan.

Kebijakan Baru Kuota Pemain Asing

PT Kompetisi Negara Indonesia Baru selaku operator Kejuaraan Tanah Air mengumumkan inovasi kebijakan terkait kuota pemain asing. Musim depan, klub-klub Kompetisi 1 diperbolehkan untuk mengontrak hingga 8 pemain asing, dengan rincian 6 pemain bebas serta 2 pemain Asia.

“Kami berharap dengan inovasi kuota pemain asing ini, kompetisi berubah menjadi lebih tinggi berkualitas. Dengan begitu, akan berpengaruh pada kualitas pemain lokal kita kemudian akan bermanfaat bagi timnas,” ujar Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus pada 31 Mei 2024 di keterang pers.

Perubahan ini berbeda dengan peraturan musim 2023/2024, di dalam mana setiap klub cuma diperbolehkan mengontrak maksimal enam pemain asing dengan rincian satu pemain asing bebas berasal dari mana saja, satu pemain asing jika Asia, juga satu pemain asing dengan syarat Asia Tenggara.

Adapun ketua PSSI Erick Thohir menyatakan kebijakan regulasi yang disebutkan akan diinformasikan beberapa hari lagi. “Belum (diputuskan tentang regulasi delapan pemain asing). Nanti satu sampai dua hari ini baru (diputuskan),” ujar ia ketika ditemui seusai Kongres PSSI 2024 pada Hotel Shangri-La, Ibukota Pusat, Senin, 10 Juni.

MUHAMMAD RAFI AZHARI | RANDY FAUZI FEBRIANSYAH

Artikel ini disadur dari Ketika Pemain Lokal Resah karena Wacana Penambahan Kuota Pemain Asing di Liga 1

Menasional.com menyajikan berita virtual dengan gaya penulisan bebas dan millenial. Wujudkan mimpimu, Menasional bersama kami

You might also like
Follow Gnews