Jadwal, Daftar Skuad, Peta Persaingan Grup D Piala Eropa 2024: Prancis, Belanda, Polandia, lalu Austria

Jakarta – Dua mantan juara Eropa, yakni Prancis dan juga Belanda, berubah menjadi penghuni Grup D Euro 2024 atau Piala Eropa 2024. Dengan dua slot lain berubah menjadi milik Austria juga Polandia, apakah Prancis juga Belanda akan sederhana lolos ke fase gugur?

Prancis kemudian Belanda kemungkinan lolos  ke sesi 16 besar. Timnas Prancis yang dimaksud bertabur bintang, bahkan dijagokan banyak pendatang untuk kembali mengangkat trofi pada acara Piala Eropa tahun ini. Generasi emas Les Bleus telah terjadi mencapai tiga final dari empat pertandingan utama yang tersebut mereka itu ikuti lalu sangat berhasrat untuk menambahi trofi pasca Piala Bumi 2018.

Prancis juga miliki catatan pertemuan head-to-head yang digunakan sangat dominan berhadapan dengan lawan-lawannya pada Grup, termasuk Belanda. Tim Oranje dihantam Prancis dengan skor 4-0 juga 2-1 ketika keduanya bertemu dalam Grup B kualifikasi Piala Eropa 2024.

Penyerang Prancis, Kylian Mbappe, juga sangat tajam pada fase kualifikasi. Dengan koleksi sembilan gol dan juga lima assist, ia belaka kalah tajam dari Romelu Lukaku yang mengoleksi 15 gol. Mbappe yang digunakan baru pindah ke Real Madrid dari PSG pun sangat lapar untuk menambah koleksi trofinya.

Prancis telah terjadi berpartisipasi pada Piala Eropa. Namun, 24 tahun sudah pernah berlalu sejak terakhir kali merek mengangkat trofi ini berkat gol emas David Trezeguet ke gawang Italia pada edisi 2000.

Belanda berubah jadi grup kedua yang digunakan diyakini akan melenggang dari Grup D. Bagi para penggemar Belanda, Jerman sebagai lokasi Piala Eropa 2024, menyebabkan kenangan indah tersendiri. Satu-satunya trofi utama Belanda, yakni Piala Eropa 1988, diraih oleh merekan ke Jerman Barat. Saat itu Belanda menang 2-0 berhadapan dengan Uni Soviet pada laga final di dalam Stadion Olimpiade, Munchen.

Pelatih timnas Belanda pada waktu ini, Ronald Koeman, merupakan anggota pasukan juara Piala Eropa 1988. Bersama Didier Deschamps, Koeman bermetamorfosis menjadi salah satu dari dua pembimbing dalam Piala Eropa tahun ini yang digunakan pernah memenangi kompetisi itu pada waktu masih bergerak bermain.

Catatan Belanda setelahnya melintasi fase grup ke Piala Eropa di beberapa edisi terakhir juga terpencil dari mengesankan. Terakhir kali tim Oranje mampu melampaui perempat final adalah pada 2004. Pada edisi terakhir dia disingkirkan Republik Ceko pada perempat final.

Koeman diyakini akan sangat mengandalkan kepemimpinan kapten Liverpool Virgil van Dijk pada pada lapangan. Namun dengan peluncuran Jeremie Frimpong, Xavi Simons, Memphis Depay, serta Cody Gakpo di skuadnya, Belanda kelihatannya akan menjadi salah satu kuda hitam paling berbahaya pada Piala Eropa 2024.

Satu tiket tersisa yang dimaksud masih mungkin saja diperebutkan dari Grup D sebagai salah satu kelompok peringkat ketiga terbaik, akan coba diperjuangkan Austria atau Polandia. Austria mencatatkan penampilan terbaik merek sepanjang berpartisipasi di dalam Piala Eropa pada edisi 2021, dengan mencapai fase 16 besar sebelum disingkirkan Italia yang digunakan kemudian bermetamorfosis menjadi juara. 

Tongkat kepelatihan Austria sekarang dipegang oleh Ralf Rangnick. Meski sempat didekati Bayern Munchen, Rangnick permanen meneguhkan komitmennya untuk mengarsiteki Austria.

Sayangnya, Austria tidaklah akan dapat mengikut sertakan pemain berpengalaman mereka, David Alaba, dan juga gelandang kunci Xaver Schlager ke Piala Eropa 2024 Jerman. Kedua pemain itu mengalami cedera, walau Rangnick telah terjadi membocorkan bahwa Alaba berpeluang permanen mendampingi rekan-rekan timnasnya sebagai “non playing captain.”

Polandia mencapai Piala Eropa 2024 setelahnya menang adu penalti menghadapi Wales pada playoff. Padahal, dia sebanding sekali tak mencatatkan tembakan ke gawang selama 120 menit berlangsungnya pertandingan.

Polandia memiliki catatan yang digunakan sangat baik perihal kelolosan ke putaran final Piala Eropa. Mereka merupakan satu dari delapan negara yang dimaksud selalu lolos ke putaran final, pada lima edisi terakhir.

Sayangnya, ketika kompetisi berlangsung, Polandia mempunyai catatan yang dimaksud relatif buruk dalam Piala Eropa, dengan catatan belaka memenangi dua pertandingan dari 14 laga pada Piala Eropa sepanjang sejarah partisipasinya.

Polandia kemungkinan besar dapat mengambil spirit bagus dari Piala Global 2022 yakni keberhasilan dia lolos dari fase grup. Sayangnya, pada 16 besar, Robert Lewandowski kalah dari Prancis dengan skor 1-3, lawan yang dimaksud akan kembali dia hadapi pada pertandingan terakhir di dalam fase grup Piala Eropa 2024.

Piala Eropa kali ini juga kemungkinan besar bermetamorfosis menjadi kejuaraan akbar terakhir bagi penyerang legendaris Polandia Robert Lewandowski. Penyerang Barcelona itu memegang rekor penampilan terbanyak yakni 11 pertandingan juga pencetak gol terbanyak yakni lima gol bagi Polandia dalam Piala Eropa.

Lewandowski memang sebenarnya sudah ada berusia 35 tahun dan juga memasuki masa senja di karier sepak bola profesionalnya, tetapi bek-bek lawan akan harus terus mewaspadai penuh pergerakan Lewandowski yang tersebut tentu masih ingin mengukir catatan apik terakhirnya di kancah internasional.

Daftar Skuad Grup D Piala Eropa 2024

Belanda

Kiper: Justin Bijlow (Feyenoord), Mark Flekken (Brentford), Bart Verbruggen (Brighton & Hove Albion);

Belakang: Nathan Ake (Manchester City), Daley Blind (Girona), Virgil van Dijk (Liverpool), Denzel Dumfries (Inter Milan), Jeremie Frimpong (Bayer Leverkusen), Lutsharel Geertruida (Feyenoord), Matthijs de Ligt (Bayern Munich), Micky van de Ven (Tottenham Hotspur), Stefan de Vrij (Inter Milan);

Tengah: Ryan Gravenberch (Liverpool), Frenkie de Jong (Barcelona), Teun Koopmeiners (Atalanta), Tijjani Reijnders (AC Milan), Jerdy Schouten (PSV Eindhoven), Xavi Simons (RB Leipzig), Joey Veerman (PSV Eindhoven), Georginio Wijnaldum (Al-Ettifaq);

Depan: Steven Bergwijn (Ajax), Brian Brobbey (Ajax), Memphis Depay (Atletico Madrid), Cody Gakpo (Liverpool), Donyell Malen (Borussia Dortmund), Wout Weghorst (Hoffenheim, on loan from Burnley).

  • 1
  • 2
  • Selanjutnya

Artikel ini disadur dari Jadwal, Daftar Skuad, Peta Persaingan Grup D Piala Eropa 2024: Prancis, Belanda, Polandia, dan Austria

Menasional.com menyajikan berita virtual dengan gaya penulisan bebas dan millenial. Wujudkan mimpimu, Menasional bersama kami

You might also like
Follow Gnews