Potret Jemaah RI pada Mina Tidur dalam Lorong Gegara Tenda Over Capacity

Jakarta

Tim pengawas (Timwas) Haji DPR menemukan adanya kapasitas lebih banyak pada tenda-tenda jemaah RI di Maktab 72 Mina, Arab Saudi. Kondisi ini mengakibatkan para jemaah haji tiduran ke lorong di dalam luar tenda.

Kondisi ini ditemukan ketika Anggota Timwas Haji DPR, yang tersebut juga Wakil Ketua Komisi VIII DPR, Ace Hasan Sadzily, melakukan pengecekan ke Dapilnya di dalam kloter JKS10 (Kabupaten Bandung Barat) lalu JkS 11 (Kabupaten Bogor) yang dimaksud berada pada Maktab 72 di dalam Mina, pada Mulai Pekan (17/6/2024) pukul 22.00 di malam hari waktu Arab Saudi.

Nginklan Yuk

“Masih ada beberapa catatan, salah satunya perihal masih adanya tenda over capacity daripada jemaah kita yang di dalam Mina. Yang saya saksikan tadi dalam JKS 11 (Kabupaten Bogor),” kata Ace.

Di sana, Kang Ace juga sempat berbincang-bincang dengan jemaah. Beberapa jemaah mengeluhkan kondisi tenda yang tersebut melebihi kapasitas hingga tiduran di luar tenda.

“Ini kenapa tidur di luar?” tanya Kang Ace terhadap jemaah.

Nginklan Yuk
ADVERTISEMENT

“Tempat tidurnya nge-pres, jadi pada tidur di luar,” jawab individu jemaah.

“Di di sini AC jalan nggak?” tanya Kang Ace terhadap jemaah.

Jemaah haji di Mina tidur di dalam lorong gegara tenda over kapasitasJFoto: Jemaah haji pada Mina tidur pada lorong gegara tenda over kapasitas (Mei Amelia/detikcom)

Pantauan detikcom pada lokasi, para jemaah tidur menumpuk di dalam pada tenda. Mereka tidur dengan situasi berdesak-desakan karwna tak ada ruang.

Bahkan, untuk berjalan pada antara kasu-kasur pun sulit. Para jemaah tidur beralas kasur tipis dengan ukuran 50×175 cm.

Beberapa jemaah, teristimewa laki-laki bahkan tidur seadanya dengan alas kardus bekas. Kondisi ini juga ditemui di dalam Kloter KJT-20 Majalengka yang tersebut juga berada dalam Maktab 72.

(mei/maa)

Artikel ini disadur dari Potret Jemaah RI di Mina Tidur di Lorong Gegara Tenda Over Capacity

You might also like
Follow Gnews