Kemarin, akan calon kepala tempat sampai temuan pelanggaran pemilihan umum

Ibukota Indonesia – Beberapa perkembangan kebijakan pemerintah kemarin (19/6) menjadi sorotan, ke antaranya pengumuman akan calon kepala wilayah yang diberitahukan oleh beberapa partai untuk pemilihan kepala daerah 2024, kemudian temuan pelanggaran pemilihan 2024 yang dirangkum oleh PUSaKO Universitas Andalas.

Berikut rangkuman berita kebijakan pemerintah kemarin yang menawan untuk kembali dibaca:

Golkar resmi membantu Bobby Nasution untuk maju di dalam pemilihan kepala daerah Sumut 2024

Nginklan Yuk

Partai Golkar secara resmi memaparkan surat dukungan terhadap Wali Perkotaan Medan Bobby Nasution untuk forward sebagai akan calon gubernur (cagub) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumatera Utara (Sumut) 2024.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengutarakan surat dukungan itu didampingi Wakil Ketua Umum Pemenangan Pemilihan Umum DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia pada saat Bobby berkunjung ke kediaman Airlangga di dalam Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca pada sini.

PDIP mengungkap kesempatan usung Susi Pudjiastuti pada pemilihan gubernur Jabar 2024

Ketua DPD PDI Perjuangan (PDIP) Jawa Barat Ono Surono mengemukakan bahwa partai-nya membuka kesempatan untuk mengusung mantan Menteri Kelautan serta Perikanan Susi Pudjiastuti pada Pemilihan Kepala Daerah Jawa Barat 2024.

Nginklan Yuk

"Ada statement Bu Susi beliau apabila diminta masyarakat, beliau akan siap. PDIP akan dalami itu, apakah Bu Susi siap untuk kami usung," kata Ono di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca dalam sini.

Masyarakat Sumatera Barat akan lakukan PSU 13 Juli 2024

Warga Sumatera Barat (Sumbar) yang mempunyai hak pilih akan kembali mencoblos pada pemungutan pengumuman ulang (PSU) pada Sabtu, 13 Juli 2024.

Hal ini merupakan aksi lanjut Komisi Pemilihan Umum (KPU) menghadapi putusan MK terkait perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) untuk pemilihan Legislatif 2024.

Selengkapnya baca dalam sini.

PUSaKO Unand paparkan temuan pelanggaran pada pemilihan 2024

Pusat Studi Konstitusi (PUSaKO) Fakultas Hukum Universitas Andalas Sumatera Barat memaparkan banyak temuan variasi atau bentuk pelanggaran pada penyelenggaraan Pemilihan Umum 2024.

"Pelanggaran ini mencakup bervariasi bentuk yang mana mencerminkan ketidakpatuhan terhadap aturan pilpres juga ketidakadilan terhadap langkah-langkah pemilihan," kata peneliti dari PUSaKO Unand Elsi Fatiya Rahmadila pada Padang, Rabu.

Selengkapnya baca di dalam sini.

Mendagri melantik Pj. Pengelola Lampung

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian melantik Staf Ahli Sektor Hukum Kementerian Pemuda juga Olahraga (Kemenpora) Samsudin sebagai Penjabat (Pj.) Pemuka Lampung.

"Beliau harus mampu untuk mendirikan hubungan dengan semua Forkopimda (forum koordinasi pimpinan daerah), tokoh masyarakat, stakeholder (pemangku kepentingan), lalu sekaligus juga dengan para kepala tempat tingkat dua, hubungannya harus bagus," kata Tito pada waktu memberikan informasi pers usai hadir di pelantikan pada Kantor Kemendagri, Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca ke sini.

Artikel ini disadur dari Kemarin, bakal calon kepala daerah sampai temuan pelanggaran pemilu

You might also like
Follow Gnews