Hal ini 5 Provinsi Rawan Karhutla juga Kekeringan Saat Kemarau

Sumber: | Editor:

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Badan Meteorologi Klimatologi kemudian Geofisika (BMKG) mengungkapkan, lima provinsi masuk kategori rawan bencana kebakaran hutan juga lahan (Karhutla) pada musim kemarau.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menjelaskan, lima provinsi yang dimaksud adalah Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, lalu Kalimantan Tengah.

Nginklan Yuk

Selain Karhutla, wilayah provinsi yang dimaksud juga mungkin mengalami bencana kekeringan.

Baca Juga:

 “Hasil analisis lalu monitoring BMKG, pada Juli hingga September pada provinsi yang dimaksud diperkirakan mengalami kekeringan serta rawan berlangsung Karhutla,” ujar Dwikorita di siaran pers, Rabu (19/6/2024).

Sementara itu, Pelaksana Tindakan (Plt) Deputi Area Modifikasi Cuaca BMKG Tri Handoko Seto menjelaskan, pada lima wilayah yang disebutkan telah mulai ditemukan hotspot atau titik api berdasarkan hasil pemantauan selama dua hari terakhir.

“Sudah mulai ditemukan hotspot dengan derajat kepercayaan menengah hingga membesar atau 2-3 titik per hari,” kata Tri Handoko.

Nginklan Yuk

Atas dasar itu, kata Handoko, harus diwujudkan upaya pembasahan lahan-lahan gambut sebelum memasuki puncak musim kemarau.

Baca Juga:

BMKG pun sedang mempersiapkan pelaksanaan operasi perubahan cuaca pada lima wilayah yang dimaksud untuk meningkatkan intensitas turunnya hujan.

“Operasi perubahan cuaca ditujukan untuk menekan prospek lonjakan hotspot dan juga kemungkinan luasan area gambut yang mana terbakar,” ungkap Tri Handoko.

Artikel ini telah lama tayang di dalam Kompas.com dengan judul “BMKG Sebut 5 Provinsi Rawan Karhutla kemudian Kekeringan Saat Kemarau, Ini adalah Daftarnya”

Selanjutnya:

Menarik Dibaca:

Cek Berita juga Artikel yang tersebut lain dalam



Artikel ini disadur dari Ini 5 Provinsi Rawan Karhutla dan Kekeringan Saat Kemarau

You might also like
Follow Gnews