DPR Seriusi Wacana Pembentukan Pansus Evaluasi Haji 2024

Reporter: | Editor:

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Tim Pengawas (Timwas) Haji DPR RI semakin kritis untuk membentuk Panitia Khusus (Pansus) untuk menyelidiki beragam persolan yang tersebut dihadapi di penyelenggaraan Haji 2024.

Anggota Timwas DPR RI Luluk Nur Hamidah menyebut, berbagai persoalan yang dimaksud terbentuk di antaranya pengalihan kuota tambahan haji untuk ONH plus. Menurutnya, hal yang dimaksud memunculkan perasaan khawatir serius. 

Nginklan Yuk

Lewat pengamatan dengan segera ke Mekkah, beliau turut mengkritisi sarana yang disediakan oleh pemerintah, menurutnya kurang ramah jamaah lansia. 

“Slogan dari pemerintah haji ini adalah Haji Ramah Lansia tetapi nyatanya baru slogan saja. Kami meninjau keadaan yang tersebut tidak ada memanusiakan para lansia. (Lansia) Mereka tiada memiliki tempat di dalam pemondokan sewaktu ke Mina atau di Arafah, harus berada di dalam lorong pada kondisi panas, juga sarana toilet yang dimaksud sangat tak memadai,” terang Luluk pada keterangannya, diambil Kamis (20/6). 

Baca Juga:

Dia turut menyinggung penambahan kuota jemaah haji yang dimaksud tiada dibarengi dengan peningkatan fasilitas, akomodasi, juga layanan untuk jemaah. 

Dari sederet kesulitan yang mana ia temukan tersebut, baginya penting untuk melakukan evaluasi terkait ketidakberesan yang digunakan berulang tentang haji bukanlah belaka dengan Komisi VIII, namun juga melibatkan komisi-komisi lain juga lembaga terkait. 

Nginklan Yuk

Maka dari itu, menurutnya DPR akan kritis untuk membentuk Pansus yang tersebut akan melibatkan sejumlah pihak.

“Ini tidak persoalan Komisi VIII tetapi ini harus Pansus sebab melibatkan unsur-unsur yang dimaksud lain, komisi-komisi yang lain, lalu juga kementerian kemudian kelembagaan yang tersebut lain terkait ke di penyelenggaraan haji di dalam tahun 2024 ini,” tambahnya.

“Kami setuju untuk menindaklanjuti juga mendalami melalui Pansus lantaran ini persoalan yang dimaksud sangat serius, menyangkut kepercayaan dari begitu sejumlah pihak,” tegasnya. 

Sedangkan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memverifikasi pihaknya akan melakukan evaluasi terhadap penyelenggaraan Haji 2024.

“Semua kita akan evaluasi, bukan ada yang tersebut tidak ada kita evaluasi demi perbaikan layanan jemaah, itu poinnya,” ujar Yaqut di Jamarat, Selasa (18/6).

Baca Juga:

Dia menyambut baik kritik-kritik yang digunakan dilayangkan beraneka pihak, hal yang disebutkan menurutnya akan menjadi unsur masukan yang lebih besar lengkap. Atas dasar tersebut, Yaqut menyebutkan, evaluasi akan dikerjakan berbasis data lalu direalisasikan secara kontinyu ke lapangan. 

“Kita senang ada pengawasan, ada masukan, ada kritik, ada saran. Saya kira ujungnya adalah bagaimana jemaah merasakan kepuasan layanan dari pemerintah, jemaah sanggup melakukan ibadah dengan baik dan juga nyaman, lalu tenang, pulang dengan menyebabkan predikat haji mabrur,” papar Yaqut. 

Selanjutnya:

Menarik Dibaca:

Cek Berita juga Artikel yang digunakan lain ke



Artikel ini disadur dari DPR Seriusi Wacana Pembentukan Pansus Evaluasi Haji 2024

You might also like
Follow Gnews