Daftar Juara NBA Sepanjang Masa pasca Boston Celtics Jadi Kampiun pada Final 2024

Jakarta – Boston Celtics menorehkan sejarah dengan meraih gelar kejuaraan NBA ke-18 setelahnya mengalahkan Dallas Mavericks 106-88 pada Gim 5 dengan kemenangan 4-1 di dalam seri Final NBA 2024 di dalam TD Garden Boston Massachusetts, Selasa WIB, 18 Juni 2024.

Dengan kemenangan ini, Celtics melampaui rival abadi mereka, Los Angeles Lakers, untuk berubah menjadi tim dengan total penghargaan terbanyak pada sejarah NBA yaitu 18 kali.

Dalam pertandingan yang dilakukan tepat 16 tahun setelahnya Celtics meraih peringkat ke-17 di dalam tempat yang tersebut sama, Jayson Tatum mengawasi dengan 31 poin, 8 rebound, lalu 11 assist. Sedangkan Jaylen Brown yang tersebut dinobatkan sebagai MVP Final menambahkan 21 poin, 8 rebound, kemudian 6 assist.

Nginklan Yuk

Daftar Tim Paling Sering Menjuarai NBA:

Boston Celtics: 18 kali juara, 5 kali runner-up
LA Lakers/Minneapolis: 17 kali juara, 15 kali runner-up
Philadelphia/San Francisco/Golden State Warriors: 7 kali juara, 5 kali runner-up
Chicago Bulls: 6 kali juara, 0 kali runner-up
San Antonio Spurs: 5 kali juara, 1 kali runner-up.

Sekilas Sejarah NBA

National Basketball Association (NBA) adalah liga bola basket profesional ke Amerika Utara yang disertai 30 kelompok (29 dalam Amerika Serikat serta 1 ke Kanada). Ini adalah adalah salah satu liga olahraga profesional utama ke Amerika Serikat dan juga Kanada dan juga dianggap sebagai salah satu liga bola basket profesional terbaik di dunia.

Liga ini didirikan pada New York City pada 6 Juni 1946, sebagai Asosiasi Bola Basket Amerika (BAA). Kompetisi kemudian berganti nama berubah jadi NBA pada 3 Agustus 1949, pasca bergabung dengan National Basketball League (NBL). 

Nginklan Yuk

Pada 1976, NBA lalu American Basketball Association (ABA) bergabung , menambahkan empat waralaba ke NBA. Musim reguler NBA biasanya berlangsung dari Oktober hingga April, dengan masing-masing kelompok memainkan 82 pertandingan. Turnamen playoff liga berlanjut hingga bulan Juni, yang digunakan berpuncak pada seri kompetisi Final NBA. 

Pada 2020, pemain NBA merupakan atlet dengan bayaran terbaik di dalam bola berdasarkan pendapatan tahunan rata-rata per pemain.

NBA | WIKIPEDIA | ANTARA

Artikel ini disadur dari Daftar Juara NBA Sepanjang Masa setelah Boston Celtics Jadi Kampiun di Final 2024

You might also like
Follow Gnews