Cara Menghidupkan Mobil dengan Tombol Start Stop yang mana Mudah

Jakarta – Menghidupkan mobil dengan tombol start stop semakin umum ditemukan pada mobil-mobil modern. Meski menawarkan kemudahan dan juga keamanan, namun sebagian warga mungkin saja masih bingung bagaimana cara menghidupkan mobil dengan tombol start stop. 

Fitur tombol start stop pada mobil modern merupakan teknologi terkini yang tersebut menggantikan kunci mobil. 

Fungsinya adalah untuk menghidupkan serta mematikan mesin. Lantas, bagaimana cara menghidupkan mobil dengan tombol start-stop? 

Nginklan Yuk

Cara Menghidupkan Mobil dengan Tombol Start-Stop

Sebelum menggunakan tombol start-stop, penting untuk mengerti akan cara kerja sistem ini. Sistem start stop bekerja dengan memanfaatkan sinyal dari kunci pintar (smart key) atau remote yang harus berada di dalam pada mobil atau setidaknya di jangkauan tertentu.

Sistem start-stop mendeteksi mobil sewaktu berhenti serta akan mematikan mesin secara otomatis. Lalu mesin akan menyala kembali ketika Anda menekan throttle. 

Teknologi ini dikembangkan untuk menurunkan jumlah keseluruhan polusi yang disebabkan oleh kendaraan, khususnya emisi yang dilepaskan ke atmosfer pada waktu terdampar macet. 

Nah, bagi Anda yang ingin mencobanya, berikut adalah langkah-langkah menghidupkan mobil dengan tombol start-stop dilansir dari laman My Car Does What. 

1. Masuk ke di Mobil kemudian Pastikan Kunci Penting Terbawa

Sistem start/stop membutuhkan key fob yang dimaksud perlu berada di dalam di mobil agar sistem dapat mengenalinya. 

Nginklan Yuk

Pastikan Anda menghadirkan key fob dan juga menyimpannya pada pada kantong atau tas Anda ketika berada dalam pada mobil.

2. Pastikan Kedudukan Rem kemudian Kopling

Sebelum menekan tombol start-stop, pastikan Anda menekan pedal rem (untuk mobil otomatis) atau pedal kopling (untuk mobil manual) hingga mesin menyala.  

Hal ini adalah layanan keselamatan untuk menjamin mobil tiada bergerak tanpa peringatan pada waktu mesin dihidupkan.

3. Tekan Tombol Start Stop

Setelah semua langkah ke melawan dilakukan, maka selanjutnya adalah menekan tombol start-stop. Kemudian mesin akan mulai menyala hingga terdengar ucapan mesin hidup lalu mengamati indikator di dashboard menyala. 

4. Periksa Indikator

Setelah mesin hidup, periksa indikator pada dashboard untuk menjamin tidak ada ada lampu peringatan serius yang mana menyala. Jika semua indikator normal, mobil siap untuk dijalankan.

Cara Mematikan Mesin Mobil dengan Tombol Start Stop

Setelah mengetahui cara menyalakan mobil dengan tombol start stop, Anda juga, perlu mengetahui cara mematikannya. Berikut adalah langkah-langkahnya. 

1. Parkir Mobil dengan Aman

Pastikan mobil berhenti sepenuhnya kemudian parkir dengan aman. Untuk transmisi otomatis, pindahkan tuas ke sikap “P” (Parkir), lalu untuk transmisi manual, pindahkan ke kedudukan netral juga tarik rem tangan.

2. Tekan Tombol Start/Stop

Tekan tombol start/stop untuk mematikan mesin. Mesin akan meninggal kemudian semua indikator di dalam dashboard akan padam.

3. Pastikan Key Fob Terbawa

Sebelum pergi dari dari mobil, pastikan key fob Anda terbawa agar mobil dapat dikunci lalu tidaklah ada permasalahan pada waktu Anda ingin menghidupkannya lagi.

RIZKI DEWI AYU 

Artikel ini disadur dari Cara Menghidupkan Mobil dengan Tombol Start Stop yang Mudah

You might also like
Follow Gnews