Cak Imin Soroti Antrean Toilet pada Tenda Mina hingga 2 Jam: Ada yang digunakan Pingsan

Jakarta

Ketua Tim Pengawas (Timwas) Haji DPR RI yang mana juga Wakil Ketua DPR Fraksi PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menyoroti permasalahan tenda jemaah haji RI pada Mina, Arab Saudi. Ketersediaan toilet yang tersebut tiada memadai menyebabkan jemaah antre ke toilet hingga berjam-jam.

Hal ini disampaikan Cak Imin pasca melakukan kunjungan pengawasan ke tenda jemaah RI pada Maktab 44 dalam Mina pada Hari Senin (17/6/2024) pukul 22.00 waktu Arab Saudi. Cak Imin melakukan pengecekan sama-sama anggota Timwas John Kenedy Azis (anggota Komisi VIII DPR Fraksi Golkar), Cucun Admad Syamsurijal (anggota Komisi III DPR Fraksi PKB), lalu Ecky Awal Mucharam (anggota Komisi XI DPR Fraksi PKS).

Nginklan Yuk

“Rasio kamar mandi nggak imbang. (Jemaah) mengantre sampai 2 jam, ada yang tersebut pingsan,” kata Cak Imin.

Ia juga menyoroti kebersihan ke tenda kemudian toilet yang digunakan tiada terjaga hingga tentang wastafel untuk berwudu.

“Kebersihan tidaklah terjaga. Ngapain bikin wudu pakai wastafel, harusnya wudu biasa saja,” katanya.

Nginklan Yuk
ADVERTISEMENT

Cak Imin menyampaikan pemerintah, pada hal ini Kementerian Agama (Kemenag), seharusnya memperhitungkan rasio keperluan toilet dengan total jemaah. Jumlah jemaah Indonesi mencapai 241 ribu orang.

“Jumlah rasionya (toilet) harus dihitung, ini semua biaya, dia semua mengeluarkan biaya, negara mengeluarkan biaya,” katanya.

Jemaah Pipis dalam Samping Tenda

Jemaah kloter JKS10 Kota Bandung Barat (KBN) di Maktab 76 Mina, Arab Saudi, mengeluhkan jumlah keseluruhan toilet yang tidaklah memadai. Jemaah antre ke toilet berjam-jam hingga terpaksa buang air kecil di dalam samping tenda.

Hal ini disampaikan oleh pribadi jemaah pada waktu anggota Timwas Haji DPR, sekaligus Wakil Ketua Komisi VIII DPR Fraksi Golkar, Ace Hasan Sadzily, mengunjungi tenda jemaah, pada Mulai Pekan (17/6/2024) pukul 22.30 waktu Arab Saudi. Kang Ace ditemani anggota Timwas lain, Arteria Dahlan (anggota Komisi III DPR).

“Di kamar mandi, total jemaah yang berbagai dengan kamar mandi yang sedikit, sampai dalam belakang pun dijadiin (untuk) buang air kecil identik ibu-ibu,” kata seseorang jemaah.

“Tapi intinya kamar mandi. Kamar mandi ngantre,” tambahnya.

(mea/maa)

Artikel ini disadur dari Cak Imin Soroti Antrean Toilet di Tenda Mina hingga 2 Jam: Ada yang Pingsan

You might also like
Follow Gnews