Bawaslu Babel fokus cegah isu SARA jelang pemilihan gubernur 2024

Pangkalpinang – Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memfokuskan pencegahan isu suku, agama, ras serta antargolongan (SARA) mendekati Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Negeri Serumpun Sebalai itu.

"Saat ini isu SARA mulai mencuat serta ini harus dicegah agar tidaklah mengalami perkembangan pada tahapan pilkada tahun ini," kata Ketua Bawaslu Kepulauan Babel EM Osykar ke Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengutarakan upaya menjaga dari isu-isu SARA mendekati pilkada ini, Bawaslu Kepulauan Babel akan bekerja identik dengan pemerintah daerah, TNI, Polri, tokoh agama, tokoh masyarakat, adat serta budayawan untuk menangkal isu SARA ini.

Nginklan Yuk

"Saat ini warung-warung kopi, isu-isu SARA ini telah mulai dimainkan oleh orang-orang tertentu sehingga dapat mengganggu pelaksanaan pesta demokrasi pada wilayah ini,"katanya.

Ia menyatakan komposisi penduduk Kepulauan Babel beragam etnik sehingga memiliki kemungkinan berkembangnya isu-isu SARA di pemilihan kepala tingkat lokal ini.

"Kita menjamin hak seluruh penduduk dari bervariasi suku ini untuk berpartisipasi secara berpartisipasi pada pemilihan gubernur, wali kota kemudian bupati tahun ini," katanya.

Menurut dia, isu SARA ini bisa saja menjadi rancu pada pesta demokrasi tingkat lokal ini, oleh sebab itu warga memilih orang-orang terbaik yang dimaksud akan duduk sebagai kepala daerah, baik tingkat provinsi, kabupaten lalu kota.

"Siapapun berhak berkontestasi dan juga itu dijamin undang-undang. Tidak harus si A, B atau golongan A, B, semua memiliki hak yang sejenis untuk memilih dan juga dipilih pada pesta demokrasi ini," katanya. 

Nginklan Yuk

Artikel ini disadur dari Bawaslu Babel fokus cegah isu SARA jelang Pilkada 2024

You might also like
Follow Gnews