Apple Ikut-ikutan Bikin Artificial Intelligence dalam iOS 18, Apa Istimewanya?

Jakarta – Apple resmi memperkenalkan perangkat antar muka atau UI terbaru mereka, iOS 18, pada Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024 yang dimaksud diselenggarakan pada Senin, 10 Juni sesudah itu waktu Amerika Serikat. Peralatan lunak teranyar ini menghadirkan segudang ciri termutakhir, di dalam antaranya kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI), Apple Intelligence.

“Kami sangat gembira memperkenalkan fase baru di perubahan Apple. Apple Intelligence akan mengubah apa yang dapat diwujudkan pengguna dengan komoditas kami serta apa yang dapat dilaksanakan produk-produk kami bagi pengguna kami,” kata Tim Cook, direktur utama Apple.

AI menjadi prasarana andalan kekinian sebagian vendor ponsel, lantas apa keistimewaan Apple Intelligence, Kecerdasan Buatan milik Apple pada iOS 18 ini?

Nginklan Yuk

Dilansir dari rilis pers pihak Apple, Apple Intelligence merupakan sistem kecerdasan buatan untuk iPhone, iPad, juga Mac yang tersebut terintegrasi ke di UI terbaru iOS 18, iPadOS 18, kemudian macOS Sequoia. Teknologi ini memanfaatkan kekuatan chipset Apple untuk mengenali serta menciptakan bahasa kemudian gambar, mengambil tindakan ke seluruh aplikasi, lalu memanfaatkan konteks pribadi untuk menyederhanakan kemudian mempercepat tugas sehari-hari.

“Ini adalah Teknologi AI dikarenakan hanya sekali Apple yang dapat menghadirkannya, juga kami bukan sabar mengawaitu pengguna merasakan apa yang dapat dilakukannya,” kata Tim Cook.

Berikut keistimewaan Apple Intelligence, Kecerdasan Buatan milik Apple ke iOS 18:

1. Kemampuan baru “anti typo”

Apple Intelligence membuka cara baru bagi pengguna untuk menyempurnakan tulisan kemudian berbicara dengan lebih besar efektif. Dengan “Writing Tools” baru pada seluruh sistem yang dimaksud terpasang di dalam iOS 18, iPadOS 18, lalu macOS Sequoia, pengguna dapat menulis ulang, mengoreksi, serta meringkas teks hampir pada mana pun dia menulis, termasuk Mail, Notes, Pages, serta perangkat lunak pihak ketiga.

Nginklan Yuk

“Baik merapikan catatan kelas, menjamin postingan blog terbaca dengan benar, atau melakukan konfirmasi email dibuat dengan sempurna, “Writing Tools” membantu pengguna merasa tambahan percaya diri di menulis,” kata pihak Apple.

2. Menulis lebih banyak personal

Apple juga mengembangkan Artificial Intelligence bernama “Rewrite” yang mana memungkinkan pengguna memilih dari beraneka versi tulisan mereka, juga menyesuaikan nada agar sesuai dengan audiens dan juga tugas yang digunakan ada. Dari menyempurnakan surat lamaran, hingga menambahkan humor lalu kreativitas pada undangan pesta, Rewrite membantu menyampaikan kata-kata yang mana tepat untuk memenuhi acara tersebut.

3. Menulis serta merangkum layaknya penulis andal

Selain itu, ada pula fasilitas “Proofread” untuk memeriksa tata bahasa, pilihan kata, dan juga bangunan kalimat sekaligus menyarankan pengeditan yang dimaksud dapat ditinjau atau diterima dengan cepat oleh pengguna. Juga ada sarana “Summarize” yang digunakan mana pengguna dapat memilih teks dan juga merangkumnya pada bentuk paragraf yang mana ringan dicerna, poin-poin penting, tabel, atau daftar.

4. Fitur “sekretaris” di aplikasi mobile catatan kemudian telepon

Di program Notes dan juga Telepon, pengguna pada masa kini dapat merekam, mentranskripsikan, lalu meringkas audio. Saat perekaman dimulai sewaktu melakukan panggilan, pengguna akan diberi tahu secara otomatis, kemudian setelahnya panggilan berakhir, Apple Intelligence menyebabkan ringkasan untuk membantu mengingat poin-poin penting. Layaknya sekretaris pribadi.

5. Image Playground, untuk komunikasi yang digunakan ekspresif dan juga menyenangkan

Apple Intelligence menggalang kemampuan pembuatan gambar yang mana menyita perhatian untuk membantu pengguna berinteraksi serta mengekspresikan diri dengan cara baru. Dengan “Image Playground”, pengguna dapat menciptakan gambar menyenangkan di hitungan detik, dengan memilih dari tiga gaya: Animasi, Ilustrasi, atau Sketsa.

Fitur ini enteng digunakan lalu terintegrasi secara langsung ke di aplikasi mobile diantaranya Pesan. Juga, tersedia pada aplikasi mobile khusus, cocok untuk bereksperimen dengan berubah-ubah konsep kemudian gaya. Semua gambar dibuat di perangkat, memberikan kebebasan pengguna untuk bereksperimen dengan gambar banyaknya yang tersebut mereka inginkan.

Di Notes, pengguna dapat mengakses Image Playground melalui Image Wand baru ke palet alat “Apple Pencil”, sehingga menyebabkan catatan tambahan menyita perhatian secara visual. Sketsa kasar dapat diubah berubah jadi gambar yang menarik, kemudian pengguna bahkan dapat memilih ruang kosong untuk memproduksi gambar menggunakan konteks dari area sekitar.

“Image Playground juga tersedia pada program seperti Keynote, Freeform, lalu Pages, dan juga dalam perangkat lunak pihak ketiga yang mengadopsi Image Playground API baru,” kata Apple.

6. Membuat emoji yang sesuai dengan momen

Membawa emoji ke tingkat yang mana benar-benar baru, pengguna dapat memproduksi “Genmoji” untuk mengekspresikan diri. Cukup dengan mengetikkan deskripsi, Genmoji mereka akan muncul, dengan dengan opsi tambahan. User bahkan dapat menciptakan emoji teman lalu keluarga berdasarkan foto mereka. Sama seperti emoji, Genmoji dapat ditambahkan sebaris ke pesan, atau dibagikan sebagai stiker atau reaksi dalam Tapback.

7. Lebih enteng mencari foto serta video pada perangkat

Pencarian foto dan juga video berubah menjadi lebih lanjut ringan dengan Apple Intelligence. Bahasa alami dapat digunakan untuk menelusuri foto tertentu.Pencarian pada video juga berubah menjadi lebih lanjut mumpuni dengan kemampuan menemukan momen tertentu pada klip sehingga pengguna dapat dengan segera menuju segmen yang digunakan relevan.

8. Fitur hapus objek pada foto

Selain itu, juga ada alat “Clean Up” baru dapat mengidentifikasi kemudian menghilangkan objek yang dimaksud mengganggu dalam latar belakang foto — tanpa mengubah subjek secara tidaklah sengaja.

9. Membuat catatan tanpa menulis

Membuat catatan tanpa menulis adalah lelucon. Tapi dengan “Memories” pada iOS 18 pengguna dapat menyebabkan cerita yang ingin merekan lihat hanya sekali dengan mengetikkan deskripsi. Dengan menggunakan pemahaman bahasa dan juga gambar, Apple Intelligence akan memilih foto kemudian video terbaik berdasarkan deskripsi, menyusun alur cerita dengan bab-bab berdasarkan tema yang tersebut diidentifikasi dari foto, serta menyusunnya menjadi film dengan alur narasinya sendiri.

10. Era baru Siri

Fitur asisten pengumuman Apple, Siri, pada masa kini lebih banyak mutakhir. Dengan kemampuan pemahaman bahasa yang dimaksud tambahan kaya, Siri berubah menjadi lebih banyak alami, lebih banyak relevan secara kontekstual, juga lebih besar personal, dengan kemampuan untuk menyederhanakan dan juga mempercepat tugas sehari-hari. Saat layar berpartisipasi misalnya, Siri akan dapat menyadari dan juga mengambil tindakan terhadap konten pengguna dalam lebih lanjut sejumlah perangkat lunak seiring waktu.

Dengan Apple Intelligence, Siri akan dapat mengambil banyak tindakan baru di pada kemudian di seluruh Apple serta aplikasi mobile pihak ketiga. Misalnya, pengguna dapat mengatakan, “Bawakan artikel tentang jangkrik dari Daftar Bacaan saya,” atau “Kirim foto dari barbekyu pada hari Hari Sabtu ke Malia,” serta Siri akan mengurusnya. Jika manusia teman mengirimi pengguna alamat barunya ke Pesan, penerima dapat mengatakan, “Tambahkan alamat ini ke kartu kontaknya.”

Bahkan Siri dapat memberikan kecerdasan yang mana disesuaikan dengan pengguna kemudian informasi dalam perangkat mereka. Misalnya, pengguna dapat mengatakan, “Putar podcast yang dimaksud direkomendasikan Jamie,” lalu Siri akan mencari kemudian memutar episode tersebut, tanpa pengguna harus mengingat apakah episode yang disebutkan disebutkan pada teks atau email.

Atau merek dapat bertanya, “Kapan pesawat Ibu mendarat?” juga Siri ke iOS 18 akan menemukan detail penerbangan juga melakukan referensi silang dengan pelacakan penerbangan real-time untuk memberikan waktu kedatangan.

Artikel ini disadur dari Apple Ikut-ikutan Bikin AI di iOS 18, Apa Istimewanya?

You might also like
Follow Gnews