Rekap Wakil ASEAN di dalam Kualifikasi Piala Bumi 2026: Timnas Indonesia Berhasil Putaran Ketiga, Thailand lalu Malaya Kandas

Jakarta – Timnas Indonesia bermetamorfosis menjadi satu-satunya delegasi ASEAN yang dimaksud melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Global 2026 zona Asia. Dua tetangga rival, Thailand juga Malaysia, sama-sama kandas di dalam fase grup putaran kedua.

Thailand, yang tersebut tergabung ke Grup C, mengalami nasib paling pahit. Meski  Theerathon Bunmathan dan juga kawan-kawan berhasil menekuk Singapura di dalam Stadion Rajamangala, Bangkok, Selasa malam, 11 Juni 2024, kemenangan 3-1 tak cukup menggeser Cina yang berada ke peringkat kedua.

Thailand menang berkat gol Suphanat Mueanta pada menit ke-37, Poramet Arjvirai pada menit ke-79, serta Jaroensak Wonggorn pada menit ke-86.  Ikhsan Fandi memproduksi gol hiburan buat The Lions pada menit ke-57. 

Nginklan Yuk

Pil Thailand lebih lanjut pahit. Catatan Thailand sejatinya identik dengan sang rival, Cina, dari total poin, total menang, kalah, lalu seri, sampai selisih gol. 

Pembedanya adalah rekor pertemuan. Cina mampu menang 2-1 di dalam markas Thailand, November lalu, sedangkan grup Gajah Perang hanya sekali sanggup imbang 1-1 pada perjumpaan kedua, Kamis, 6 Juni 2024. Tim asuhan Masatada Ishii harus menyudahi petualangan mereka itu ke kualifikasi Piala Bumi 2026.

Di Grup D, Tanah Melayu juga sebenarnya mampu menang 3-1 melawan Taiwan pada laga pamungkas di dalam Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur. Safawi Rasid (53′), Paulo Josue (69′), dan juga Adib Ra’op (90+6′) sanggup membalas gol pembuka grup tamu yang dilesakkan Yu Yao-hsing (20′). 

Namun, Negara Malaysia permanen tak bisa jadi mengejar selisih gol milik Kirgiztan ke peringkat kedua, meskipun koleksi 10. Kirgiztan akhirnya menegaskan tempat runner-up usai menahan imbang pemuncak grup Oman, 1-1 beberapa jam kemudian. 

Hanya finis di peringkat ketiga putaran kedua Kualifikasi Piala Planet 2026 zona Asia, Thailand dan juga Malaysia, juga gagal lolos otomatis kePiala Asia 2027.  Perjuangan merek akan dilanjutkan Maret tahun 2025, yakni pada sesi ketiga Kualifikasi Piala Asia 2027.

Nginklan Yuk

Vietnam Tumbang

Satu lagi delegasi ASEAN yang tersebut pasti gugur adalah Vietnam. Uniknya, mereka itu telah tersingkir sebelum kick-off laga pamungkas di dalam rumah Irak. Musababnya, Tanah Air sukses mengunci slot runner-up Grup F dengan mengalahkan Filipina 2-0 dalam Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Penderitaan Vietnam kian lengkap setelahnya merekan juga kalah 1-3 dari Irak di dalam Stadion Internasional Basra. Gol-gol Hussein Ali (12′), Ali Jasim (71′), juga Ayman Hussein (90+2′), cuma dapat dibalas oleh Pham Tuan Hai (84′).

Satu lagi tim jika Asia Tenggara adalah Myanmar. Sudah dipastikan kandas, Myanmar dibantai 1-4 oleh Korea Utara ke laga penutup grup B.

Berikut hasil lengkap duta ASEAN ke laga pamungkas putaran ketiga Kualifikasi Piala Global 2026 zona Asia:

Grup B
Korea Utara 4-1 Myanmar

Grup C
Thailand 3-1 Singapura

Grup D
Malaysia 3-1 Taiwan

Grup F
Indonesia 2-0 Filipina
Irak 3-1 Vietnam

Artikel ini disadur dari Rekap Wakil ASEAN di Kualifikasi Piala Dunia 2026: Timnas Indonesia Lolos Putaran Ketiga, Thailand dan Malaysia Kandas

Menasional.com menyajikan berita virtual dengan gaya penulisan bebas dan millenial. Wujudkan mimpimu, Menasional bersama kami

You might also like
Follow Gnews