Persepsi Pengguna Terhadap Kondisi Perekonomian 6 Periode ke Depan Turun

Reporter: | Editor:

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Persepsi konsumen terhadap kondisi perekonomian pada 6 bulan mendatang mengalami penurunan.

Hal ini tercermin dari Skala Ekspektasi Pengguna (IEK) yang dimaksud tercatat sebesar 135,0 pada Mei 2024 atau turun dari bulan sebelumnya yang dimaksud tercatat sebesar 136,0.

Nginklan Yuk

Hasil survei konsumen Bank Tanah Air (BI), Mulai Pekan (10/6), menunjukkan menurunnya persepsi konsumen terhadap keadaan ekonomi di 6 bulan ke depan, tercermin dari semua komponen pembentuknya yang dimaksud mengalami penurunan.

Baca Juga:

Di antaranya, indeks penghasilan ketika ini yang digunakan tercatat sebesar 139,0 atau turun dari bulan sebelumnya sebesar 140,6. Kemudian, indeks ketersediaan lapangan kerja tercatat sebesar 134,5 atau turun dari bulan sebelumnya yang digunakan tercatat sebesar 134,8.

Terakhir, indeks pembelian barang tahan lama atau durable goods yang tercatat sebesar 113,6 atau turun dari bulan sebelumnya yang digunakan sebesar 132,6.

Secara spasial, penurunan juga terbentuk di dalam beberapa kota Bandar Lampung sebesar 9,7 poin, disertai Banten sebesar 7,0 poin, dan juga Padang sebesar 6,8 poin.

Nginklan Yuk

Baca Juga:

Di samping itu, optimisme responden terhadap penghasilan pada waktu ini terpantau menurunkan pada seluruh kelompok pengeluaran, kecuali pada kelompok pengeluaran Simbol Rupiah 3,1 jt hingga Simbol Rupiah 4 juta. Sementara itu, berdasarkan usia yang mana meningkat hanya saja pada kelompok usia pada menghadapi 60 tahun.

Sementara itu, persepsi responden terhadap ketersediaan lapangan pekerjaan pada waktu ini terpantau meningkat pada seluruh kelompok seperti akademi, sarjana, serta dalam menghadapi pascasarjana. Hanya kelompok SLTA sekadar yang mana mengalami penurunan.

Selanjutnya:

Menarik Dibaca:

Cek Berita juga Artikel yang mana lain di



Artikel ini disadur dari Persepsi Konsumen Terhadap Kondisi Ekonomi 6 Bulan ke Depan Turun

Menasional.com menyajikan berita virtual dengan gaya penulisan bebas dan millenial. Wujudkan mimpimu, Menasional bersama kami

You might also like
Follow Gnews