Pemkab: Festival Ciremai 2024 angkat peluang wisata Kuningan

Festival ini berubah jadi kegiatan prioritas kami di dalam 2024 untuk menggali peluang wisata pada sekitar Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC)

Kuningan – pemerintahan Wilayah Kuningan, Jawa Barat, mengatakan, event Festival Ciremai 2024 berubah jadi sarana yang efektif untuk mengenalkan juga mengangkat daya tarik dari 361 desa wisata juga kampung budaya pada daerahnya terhadap turis.
 

“Festival ini berubah jadi kegiatan prioritas kami dalam 2024 untuk menggali kemungkinan wisata di dalam sekitar Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC),” kata Penjabat Kepala Daerah Kuningan Iip Hidajat di Kuningan, Senin.

 

Nginklan Yuk
Iip menjelaskan festival yang mana diselenggarakan pada 1-9 Juni 2024 itu, sudah ada mendebarkan minat rakyat khususnya dari luar Daerah Kuningan untuk berkunjung dan juga mengikuti beragam kegiatan pada acara tersebut.

 

Misalnya, kata dia, terdapat 250 partisipan dari 12 kabupaten/kota yang dimaksud berpartisipasi pada salah satu rencana di Festival Ciremai yakni aksi bersih gunung.

 

Selain itu, pihaknya juga sudah ada membuka festival ini dengan mengadakan pendakian massal di dalam Gunung Ciremai yang disertai lebih tinggi dari 100 penduduk pendaki.

 

“Kabupaten Kuningan ini tambahan dari 60 persen wilayahnya adalah kawasan Gunung Ciremai. Di mana terdapat desa wisata juga kampung budaya yang digunakan mesti kita perkenalkan terhadap wisatawan,” ujarnya.

 

Ia menyebutkan, selama penyelenggaraan festival ini, beberapa turis jika Tanah Melayu pun turut hadir untuk menyaksikan pagelaran seni budaya juga pameran item UMKM dari komunitas setempat.

 

Nginklan Yuk
“Festival Ciremai secara tidak ada dengan segera sudah memasarkan keunikan pariwisata di dalam Kuningan. Termasuk mengangkat peluang desa wisata ke kabupaten ini,” ujar dia.

 

Sementara Kepala Dinas Peluang Usaha Pariwisata Wilayah Kuningan Carlan menyampaikan beberapa kegiatan utama pada festival ini yakni installation art competition & painting exhibition, Ciremai discussion summit, Kuningan run hingga fun hiking.

 

Selain festival ini, pihaknya telah terjadi menyusun beraneka program pariwisata lainnya yang dimaksud akan segera diselenggarakan sampai akhir 2024 untuk mendongkrak kunjungan turis.

 

Apalagi berdasarkan data, bilangan bulat kunjungan wisata di daerahnya tercatat sejumlah 2,4 jt turis selama tahun 2023 atau lebih lanjut membesar dari target 2 jt wisatawan yang ditetapkan.

 

“Kebetulan, festival ini dikunjungi oleh turis dengan syarat Negara Malaysia dikarenakan tertarik dengan Kuningan. Nantinya kita dapat memanfaatkan Bandara Kertajati ini yang mana berada pada sekitar Cirebon Raya untuk mendatangkan turis di negara lain ke Kuningan,” ucap dia.

Artikel ini disadur dari Pemkab: Festival Ciremai 2024 angkat potensi wisata Kuningan

Menasional.com menyajikan berita virtual dengan gaya penulisan bebas dan millenial. Wujudkan mimpimu, Menasional bersama kami

You might also like
Follow Gnews