Kepelatihan Filipina Tom Saintfiel Berharap Timnas Nusantara Buat Sejarah ke Piala Bumi 2026

TEMPO.CO, Ibukota Indonesia – Pelatih Timnas Filipina, Tom Saintfiet, menyimpulkan kualitas permainan sepak bola Timnas Indonesia tak kalah dengan negara-negara di dalam Asia. Ia bahkan memprediksi pada putaran ketiga nanti, Skuad Garuda akan bisa jadi bersaing dengan tim-tim besar pada benua tersebut.

Timnas Indonesi mengunci tiket ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Global 2026 zona Asia usai menundukkan Filipina. Kemenangan itu juga sekaligus menegaskan Indonesia, secara otomatis, lolos ke Piala Asia 2027.

Bertanding di dalam Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa, 11 Juni 2024, skuad Garuda menang dengan skor 2-0. Gol kemenangan Timnas Tanah Air dicetak oleh Thom Haye pada menit ke-32 kemudian Rizky Ridho pada menit ke-56. 

Nginklan Yuk

Hasil ini menciptakan pasukan Shin Tae-yong memverifikasi diri finis ke peringkat kedua Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Planet 2026 zona Asia. “Saya sudah ada tahu berbagai sepak bola Asia, jadi saya tahu juga tentang sepak bola Asia Tenggara,” kata Tom pada konferensi pers pasca pertandingan.

“Saya telah berkunjung ke negara-negara seperti Negeri Sakura kemudian Korea Selatan. Ada juga kualitas ke Iran lalu Arab Saudi, ada banyak kemungkinan pada sepak bola Asia ini, serta merek bisa saja menggebrak ke Piala Dunia,” ujar ucap instruktur berkebangsaan Belgia yang disebutkan menambahkan.

Tom Saintfiet juga mengungkapkan ke ASEAN pada waktu ini ada dua grup yang dimaksud mempunyai kualitas untuk bersaing di dalam level elite Asia yakni Timnas Indonesi lalu Thailand. Dia berharap Timnas Indonesia sanggup terus mengembangkan kualitas hingga mencetak sejarah lolos ke Piala Global 2026 mendatang.

“Untuk Indonesia, dalam Asia Tenggara jadi pasukan yang kuat dengan Thailand juga Vietnam. Lalu ada tim-tim dari negara Teluk seperti Arab Saudi, Irak, hingga Qatar. Ada berbagai kualitas, gaya main yang berbeda, juga bagi saya pada Asia Tenggara, saya berharap dapat mengawasi Thailand juga Nusantara ke Piala Bumi 2026 nanti,” eks ahli Timnas Gambia itu menuturkan.

Tom mengaku tertarik dengan gaya permainan sepak bola Asia Tenggara. Menurut dia, ada kekuatan yang dimiliki oleh tim-tim Asia Tenggara yang digunakan tak dipunyai oleh regu Asia. “Saya ingat menyaksikan Piala AFF 2012 antara Negara Malaysia juga Thailand. Ada hasrat yang tersebut besar mengenai sepak bola, yang tak bisa jadi dilihat ke negara-negara Asia yang tersebut lain.”

Nginklan Yuk

“Saya harap dapat mengobservasi perkembangan sepak bola Asia terus menerus. Sekarang fokus saya adalah mengembangkan Filipina supaya dapat bersaing dalam Asia Tenggara kemudian Asia ke depannya,” ujar Tom menambahkan.

Dengan hasil ini Filipina finis dalam tempat buncit atau keempat pada klasemen Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Planet 2026 zona Asia. The Azkals semata-mata mengoleksi satu poin dari enam laga yang tersebut mereka jalani.

Artikel ini disadur dari Pelatih Filipina Tom Saintfiel Berharap Timnas Indonesia Buat Sejarah ke Piala Dunia 2026

Menasional.com menyajikan berita virtual dengan gaya penulisan bebas dan millenial. Wujudkan mimpimu, Menasional bersama kami

You might also like
Follow Gnews