Minat Pengembangan Usaha Mulai Menggeliat, Kredit Penanaman Modal Sektor Keuangan Ikut Menanjak

Reporter: | Editor:

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Minat penanaman modal di Tanah Air terlihat mulai menggeliat. Hal ini terlihat dari permintaan kredit penanaman modal yang mana menanjak. Berdasarkan data Bank Nusantara per April 2024 kredit penanaman modal mencapai Simbol Rupiah 1.921,8 triliun atau meningkat 14,6% secara month to month (MoM) dari bulan sebelumnya dalam 14% atau sebesar Rupiah 1.912,2 triliun. 

Otoritas Jasa Keuangan juga menyatakan, secara tahunan, kredit melanjutkan perkembangan double digit yakni sebesar 13,09% secara tahunan atau year on year (yoy) berubah menjadi Rp7.310,7 triliun. 
Berdasarkan jenis penggunaan, kredit pembangunan ekonomi bertambah tertinggi yaitu sebesar 15,69% yoy.

Nginklan Yuk

Baca Juga:

Peningkatan kredit penanaman modal juga dicatatkan oleh beberapa perbankan. Seperti PT Bank Central Asia (BCA) yang digunakan Tiap Maret 2024, kredit investasinya naik 25,8% YoY berubah menjadi Rp277,7 triliun.

Executive Vice President Corporate Communication and Social Responsibility BCA, Hera F. Haryn menyebut, kontributor terbesar peningkatan kredit penanaman modal berasal dari sektor pertambangan non-migas lalu jasa keuangan.

“Kami masih mengawasi tren perkembangan yang mana positif untuk kredit pembangunan ekonomi hingga pada waktu ini. BCA optimistis dapat merawat pertumbuhan kredit berkualitas secara berkelanjutan, seiring terjaganya prospek peningkatan ekonomi Indonesia,” ucap Hera untuk Kontan.co.id, Rabu (12/6).

BCA berikrar menggalang pertumbuhan sektor ekonomi melalui penyaluran kredit ke beraneka sektor. Selain itu, BCA juga senantiasa mengamati dinamika yang digunakan muncul di dalam pasar. Pihaknya berharap total kredit BCA akan meningkat pada kisaran 9%-10% di dalam tahun ini. 

Nginklan Yuk

Setali tiga uang, Yuddy Renaldi, Direktur Utama bank bjb mengamati fenomena yang sama, dimana kredit pembangunan ekonomi sampai dengan April kemarin bertambah 34% secara tahunan. Adapun segmen komersial kemudian korporasi berubah menjadi kontributor terbesar dari pertumbuhan tersebut.

“Meski dari hitungan optimisme terhadap perekonomian sudah ada mulai terlihat, namun kehati-hatian kekal harus kami jaga, oleh sebab itu keadaan geopolitik yang tersebut sulit ditebak,” katanya. 

Secara umum pihaknya meninjau peningkatan kredit akan positif sampai dengan akhir tahun. Ia pun berharap situasi perekonomian serta geopolitik yang tersebut ada membantu peluang perkembangan ini secara positif. 

“Dalam melindungi prtumbuhan kredit penanaman modal kami akan selektif dan juga memupuk cadangan yang tersebut memadai juga diperlukan untuk memitigasi risiko yang ada,” tambahnya.

Baca Juga:

Adapun Senior Vice President Lembaga Pembangunan Sektor Keuangan Negara Indonesia (LPPI) Trioksa Siahaan menilai, pendorong peningkatan kredit penanaman modal yakni adanya belanja pemerintah kemudian mulai bergairahnya perekonomian kendati belum sepenuhnya.

“Adapun di dalam kuartal kedua dirasa belum tentu akan berjalan sebanding dengan kuartal I , oleh sebab itu tekanan dari geopolitik menimbulkan perbankan masih wait and see khususnya terkait dengan pergerakan suku bunga itu sendiri,” kata Trioksa.

Tapi menurutnya, dengan adanya belanja dari pemerintah, juga kegiatan ekonomi yang mana mulai bergairah tentu ini dapat meningkatkan kredit investasi.

Lebih lanjut Trioksa mengatakan, di menggenjot kredit pembangunan ekonomi pemerintah kemungkinan besar sanggup mengaktifkan kembali porsi belanja pemerintah juga memacu sektor-sektor produktif untuk kembali bergairah.

Adapun dari sisi bank, adalah bagaimana untuk mencari dan juga membiayai proyek-proyek strategis kemudian juga yang dimaksud berkualitas baik, kemudian aman disamping bank diperlukan melakukan efisiensi. Sehingga dapat menekan suku bunga dan juga tak memberatkan bagi debitur.

Selanjutnya:

Menarik Dibaca:

Cek Berita serta Artikel yang mana lain dalam



Artikel ini disadur dari Minat Investasi Mulai Menggeliat, Kredit Investasi Perbankan Ikut Menanjak

Menasional.com menyajikan berita virtual dengan gaya penulisan bebas dan millenial. Wujudkan mimpimu, Menasional bersama kami

You might also like
Follow Gnews