Masa Tunggu Kerja Lulusannya Dinilai Terbaik, Rektor Unissula Semarang: Rajin Bersedekah

Semarang – Rektor Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang Gunarto membeberkan kunci yang digunakan memudahkan lulusan perguruan tinggi untuk mendapatkan pekerjaan. Dia menyampaikannya ketika mengawasi upacara Wisuda ke-89 Unissula Semarang pada Sabtu, 15 Juni 2024.

“Pertanyaan paling besar, khususnya bagi lulusan inisiatif D3 juga S1 adalah bagaimana mendapatkan pekerjaan,” katanya. 

Bagi lulusan yang tersebut ingin mendapatkan pekerjaan secara mudah, menurut Gunarto, setidaknya ada tiga hal yang digunakan harus diperhatikan. Dia menyampaikan antara lain terus-menerus berbuat kebaikan, baik terhadap diri sendiri, pemukim tua, keluarga, masyarakat, maupun bangsa serta negara sesuai dengan kemampuan serta keilmuan yang dimiliki.

Nginklan Yuk

Selain itu, kata Guru Besar Fakultas Hukum tersebut, harus terus belajar meningkatkan keilmuan dan juga rajin bersedekah yang mana dikerjakan tak harus dengan uang atau materi. “Bisa sedekahkan tenaga juga pikiranmu,” katanya.

Ia juga mengutarakan bahwa berbakti terhadap khalayak tua merupakan kunci sukses di dalam bola serta akhirat yang dimaksud tak boleh dilupakan. “Birrul walidain, tunduklah dan juga taat untuk kedua khalayak tuamu, sebagaimana selama ini telah dipraktikkan ke Unissula,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Gunarto mengingatkan bahwa bidang pekerjaan tak hanya saja terbatas berubah menjadi pegawai negeri sipil (PNS) juga pegawai swasta. Tetapi, bisa saja juga berubah menjadi wirausahawan dengan mempraktikkan keilmuan yang dimiliki.

Rektor Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang Gunarto ketika mengawasi prosesi wisuda. (ANTARA/HO-Unissula)

Gunarto optimistis lulusan Unissula cepat terserap pada bola kerja. Dia merujuk terhadap dua kali penghargaan dari Kemendikbudristek diterima sebagai perguruan membesar dengan masa tunggu kerja lulusan relatif cepat.

Nginklan Yuk

“Pada 2023 mendapatkan penghargaan terbaik untuk masa tunggu kerja lulusan, yakni rata-rata 2,8 bulan. Pada 2022 juga sama,” katanya.

Menurut dia, lulusan Unissula juga memiliki keunggulan tersendiri, yakni bukan belaka menguasai keilmuan yang dimaksud bersifat umum dan juga modern, tetapi mampu mengintegrasikan dengan pengetahuan Islam. Termasuk akreditasi yang mana diklaimnya sudah ada unggul. 

Pada wisuda ke-89, Unissula meluluskan 1.082 peserta didik dari kegiatan diploma 3 (D3) sampai S3. Terdapat di dalamnya beberapa orang pelajar dari beragam negara, antara lain Malaysia, Bangladesh, juga Timor Leste.

Artikel ini disadur dari Masa Tunggu Kerja Lulusannya Dinilai Terbaik, Rektor Unissula Semarang: Rajin Bersedekah

Menasional.com menyajikan berita virtual dengan gaya penulisan bebas dan millenial. Wujudkan mimpimu, Menasional bersama kami

You might also like
Follow Gnews