Kredit Macet Menanjak, Penerbitan Aturan Hapus Tagih UMKM untuk Himbara Mengajukan

Reporter: | Editor:

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Bagian Usaha Mikro, Kecil, kemudian Menengah (UMKM) berada dalam dibayangi pemburukan kualitas kredit. Hal yang disebutkan tercermin dari rasio Non Performing Loan (NPL) yang kian menanjak. 

Data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) cuma mencatat NPL gross UMKM pada April 2024 sudah ada berada di level 4,26%. Angka yang disebutkan terpencil pada menghadapi kedudukan NPL gross di dalam bulan sebelumnya yang masih sekitar 3,98%.

Nginklan Yuk

Kondisi kualitas kredit UMKM yang tersebut terus naik yang dimaksud disebut-sebut merupakan dampak dari dicabutnya kebijakan restrukturisasi wabah Covid-19 pada akhir kuartal I-2024 yang lalu. Kondisi yang dimaksud mengingatkan pada aturan turunan UU P2SK terkait hapus buku serta hapus tagih piutang UMKM untuk bank-bank pelat merah yang digunakan tak kunjung rampung.

Baca Juga:

Menteri Koperasi kemudian UKM Teten Masduki pun setuju bahwa sejatinya kualitas kredit UMKM yang tersebut memburuk menandakan bahwa urgensi dari aturan yang dimaksud kian ada. Namun, ia bilang bahwa pihaknya tak mengetahui update dari kelanjutan pembahasan aturan tersebut.

“Iya saya setuju mestinya aturan ini dipercepat,” ujar Teten singkat.

Dihubungi secara terpisah, Deputi Area Usaha Mikro Kementerian Koperasi serta UKM Yulius menjelaskan bahwa Rancangan Peraturan pemerintahan (RPP) hapus tagih awalnya masuk kedalam RPP Penangan perbankan, namun pada pembahasan diminta dikeluarkan oleh sebab itu dianggap tidaklah pas pada RPP tersebut. 

Nginklan Yuk

Selanjutnya, ia bilang RPP yang disebutkan akhirnya hendak dimasukan di RPP Omnibus Komite. Namun, setelahnya pembahasan, aturan terkait hapus tagih dinilai juga tak pas untuk masuk di RPP tersebut.

Baca Juga:

“Pada ketika ini Badan Kebijakan Fiskal (BKF), Kementerian Keuangan masih mempersiapkan turunan dari amanat UU PPSK  dalam bentuk RPP agar kebijakan yang disebutkan dapat dilaksanakan,” ujarnya.



Artikel ini disadur dari Kredit Macet Menanjak, Penerbitan Aturan Hapus Tagih UMKM untuk Himbara Mendesak

Menasional.com menyajikan berita virtual dengan gaya penulisan bebas dan millenial. Wujudkan mimpimu, Menasional bersama kami

You might also like
Follow Gnews