Kejar Target sebelum HUT RI, Pembangunan Istana serta Lapangan Upacara IKN Sudah 71,8 Persen

Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menyelenggarakan upacara perayaan hari ulang tahun RI dalam Ibu Pusat Kota Negara atau IKN Nusantara pada 17 Agustus 2024. Ketua Satuan Tindakan Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR, Danis Sumadilaga, mengutarakan pembangunan istana juga lapangan upacara masih terus dilakukan. 

“Progres Istana Negara lalu Lapangan Upacara sudah ada mencapai 71,82 persen,” kata Danis terhadap Tempo lewat perangkat lunak perpesanan, Hari Senin 17 Juni 2024.

Secara keseluruhan konstruksi infrastruktur IKN tahap 1 telah 84,9 persen. Sementara itu, pembangunan Kantor Presiden hampir mencapai 90 persen. 

Nginklan Yuk

Mengutip Antara, Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti menyatakan pada 1 Agustus 2024 akan ada kegiatan zikir nasional yang dimaksud dijalankan dalam lapangan upacara IKN. Ia mengumumkan bahwa lapangan upacara IKN dapat menampung sekitar 4.000 orang.

Namun, ia bukan mengetahui berapa jumlah total partisipan yang mana akan hadir pada upacara HUT Ke-79 RI sebab hambatan undangan merupakan wewenang dari Kementerian Sekretariat Negara. 

Upacara HUT RI akan berlangsung secara hibrida ke IKN lalu Jakarta. Di Ibu Pusat Kota baru akan dipimpin dengan segera oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi, didampingi Presiden terpilih Prabowo Subianto. Sementara di DKI Jakarta akan dikepalai oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang mana didampingi Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Jokowi memaparkan alasan pemerintah mengatur upacara 17 Agustus tahun ini secara hybrid adalah akibat pertimbangan transisi. Perayaan Ulang Tahun atau HUT RI ke-79 tiada akan sepenuhnya diselenggarakan di Ibu Perkotaan Nusantara atau IKN, pada tahun ini.

Upacara dalam DKI Jakarta juga IKN menurut Jokowi direalisasikan agar perjalanan menuju pindahnya itu kelihatan. “Jadi dalam di tempat ini permanen dilakukan, di sana (IKN) masih dilakukan,” kata Jokowi di dalam Ibukota Selatan, pada Selasa, 11 Juni 2024.

Nginklan Yuk

Presiden mengemukakan upacara dalam IKN secara penuh bisa jadi dilakukan tahun depan, setelahnya ada surat langkah presiden mengenai perpindahan Ibu Daerah Perkotaan Negara. Termasuk mematangkan urusan yang tersebut berkaitan dengan mobilisasi, transportasi lalu akomodasi. 

ILONA | DANIEL FAJRI | ANTARA

Artikel ini disadur dari Kejar Target sebelum HUT RI, Pembangunan Istana dan Lapangan Upacara IKN Sudah 71,8 Persen

Menasional.com menyajikan berita virtual dengan gaya penulisan bebas dan millenial. Wujudkan mimpimu, Menasional bersama kami

You might also like
Follow Gnews