Jawaban Shin Tae-yong Soal Kesempatan Timnas Tanah Air ke Putaran Final Piala Global 2026

Jakarta – Timnas Indonesia baru semata berhasil menjamin diri lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Bumi 2026 Zona Asia pada Selasa malam, 11 Juni 2024. Instruktur Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengaku merasa tertantang ketika  peluang pasukan Garuda mentas dalam putaran final Piala Dunia.

Indonesia melaju sebagai runner-up Grup F ronde kedua pasca mengalahkan Timnas Filipina 2-0 dalam Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta. Kesuksesan melangkah ke putaran ketiga menyebabkan Timnas Nusantara semakin dekat ke Piala Bumi 2026 walaupun ujian lebih besar berat menanti.

Shin Tae-yong pun menafsirkan prospek Garuda lolos ke Piala Planet 2026 sebagai tantangan. Ia yakin para pemain Timnas Tanah Air akan segera menghadapi dengan kemampuan terbaik. “Perjuangan kami tidak ada berhenti pada sini. Kami percaya satu serupa lain juga kemungkinan yang digunakan kami miliki. Jadi kami ingin menunjukkan diri kami ke ronde selanjutnya,” ucap dia.

Nginklan Yuk

“Di laga bertarung dengan Irak (putaran kedua) memang sebenarnya tidak yang terbaik dari kami, tetapi kami menunggu pertandingan ke ronde selanjutnya. Itu akan berubah jadi tantangan lalu saya suka tantangan,” kata Shin Tae-yong pada konferensi pers seusai pertandingan.

Pelatih jika Korea Selatan itu cukup percaya diri akibat Timnas Negara Indonesia sekarang telah berbeda dari sebelumnya dan juga terus meningkat. “Dibanding laga berperang melawan Vietnam (putaran kedua), memang sebenarnya kami cukup berbeda. Kami berubah menjadi tambahan kuat kemudian kami mulai menyatu sebagai tim,” kata dia.

“Saya rasa sebagai tim kami cukup bangga dengan hasil di pertandingan terakhir (lawan Filipina), jadi tentu kami merasa sangat senang bisa jadi lolos,” ucap Shin Tae-yong melanjutkan.

Sementara itu, ia juga memverifikasi bahwa Timnas Indonesi tak akan menjalani laga uji coba sebagai persiapan sebelum putaran ketiga Kualifikasi Piala Bumi 2026 Zona Asia. Putaran ketiga Kualifikasi Piala Global 2026 Zona Asia akan dilakukan di setiap rencana FIFA Matchday ke depannya hingga pertengahan tahun 2025.

Sebelum menjalani dua pertandingan terakhir ke putaran kedua pada tanggal 6 lalu 11 Juni 2024, Garuda berlatih tanding berhadapan dengan Tanzania di 6 Juni 2024. “Tidak ada pertandingan persahabatan sebelum ronde ketiga Kualifikasi Piala Global 2026, jadi tidak ada dapat beruji coba atau persiapan,” ucap Shin Tae-yong.

Nginklan Yuk

Sebelumnya, Timnas Indonesia kemudian 17 regu partisipan lainnya akan tambahan dulu dibagi ke di tiga grup (setiap grup ada enam tim). Dua grup teratas akan segera lolos segera ke Piala Planet 2026. Tim yang mana finis di dalam peringkat ketiga kemudian empat di dalam grup akan lanjut ke putaran keempat sesi kualifikasi, sedangkan dua tim terbawah dipastikan gugur.

Pelatih Timnas Negara Indonesia Shin Tae-yong diangkat oleh pemain Timnas usai mengalahkan Filipina pada laga kualifikasi Piala Planet 2026 dalam Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa, 11 Juni 2024. TEMPO/ Febri Angga Palguna.

SKOR.ID | RANDY FAUZI

Artikel ini disadur dari Jawaban Shin Tae-yong Soal Peluang Timnas Indonesia ke Putaran Final Piala Dunia 2026

Menasional.com menyajikan berita virtual dengan gaya penulisan bebas dan millenial. Wujudkan mimpimu, Menasional bersama kami

You might also like
Follow Gnews