Jadwal, Daftar Skuad. Peta Persaingan Grup E Piala Eropa 2024: Belgia, Ukraina, Slovakia, Rumania

Jakarta – Babak penyisihan Grup E Piala Eropa 2024 akan berubah menjadi arena adu para jenderal lapangan berada dalam dari regu nasional sepak bola Belgia, Ukraina, Slovakia, lalu Rumania. Nama-nama seperti Kevin De Bruyne (Belgia), Mykhailo Mudryk (Ukraina), Stanislav Lobotka (Napoli), serta Dennis Man (Parma) diprediksi akan kunci lini serang tim masing-masing.

Dari sisi statistik rata-rata para pemain timnas Grup E tersebut, Belgia mempunyai skuad yang mana lebih besar mentereng dibandingkan tiga kelompok lainnya. Skuad asuhan Domenico Tedesco itu dihuni para pemain yang mana berbagai bermain di dalam liga top Eropa, seperti Kejuaraan Premier Inggris, Kejuaraan Spanyol, kemudian Serie A Italia.

Kevin De Bruyne, Jeremy Doku (Manchester City), Leandro Trossard (Arsenal), Axel Witsel, Arthur Vermeeren (Atletico Madrid), juga Romelu Lukaku (AS Roma) akan masih berubah jadi tulang punggung tim. Meski datang ke Jerman tanpa kiper senior Thibaut Courtois (Real Madrid), Timnas Belgia masih miliki Koen Casteels (Wolfsburg) yang mana bermain impresif bersatu klubnya musim 2023/2024.

Nginklan Yuk

Belgia juga mencatatkan data hasil positif selama kualifikasi. Tim berjuluk Setan Merah itu tidak ada terkalahkan di delapan laga, dengan rekor enam kemenangan serta dua kali imbang. Selama enam kali berpartisipasi di dalam Piala Eropa sebelumnya, prestasi terbaik Belgia hanya saja berubah menjadi runner up pada edisi 1980. Pada Euro 2020, grup itu hanya sekali mampu menembus sesi perempat final.

Di Timnas Ukraina, Mykhailo Mudryk yang tersebut bermain ke Chelsea, akan berubah jadi kunci permainan bersatu beberapa orang bintang seperti Oleksandr Zinchenko (Arsenal), Andriy Yarmolenko (Dynamo Kiev), juga penyerang Artem Dovbyk (Girona). 

Dovbyk, striker 26 tahun, mencetak 24 gol lalu bermetamorfosis menjadi top skor La Kompetisi (Liga Spanyol) 2023/2024. Raihan itu berubah menjadi spesial bagi Dovbyk, sebab dijalankan pada musim debutnya, juga bermetamorfosis menjadi pemain ke luar Real Madrid kemudian Barcelona pertama sejak 2008/2009 yang mampu meraih peringkat pencetak gol terbanyak liga.

Skuad asuhan Serhiy Rebrov tentu optimistis menatap pertarungan di grup E oleh sebab itu miliki penyerang haus gol dan juga ditopang oleh banyak gelandang seperti Mudryk. Sepanjang keikutsertaan pada tiga edisi sebelumnya, pencapaian terbaik tanah Ukraina adalah menembus putaran perempat final Piala Eropa 2020.

Slovakia sanggup bermetamorfosis menjadi kuda hitam.  Tim ini memiliki rekor yang mana cukup gemilang selama menjalani laga Kualifikasi Piala Eropa pada Grup J kendati dihuni para pemain yang dimaksud bukan sejumlah merumput di liga top Eropa.

Nginklan Yuk

Dari 10 laga yang dilakoni, skuad asuhan Francesco Calzona hanya sekali dua kali menderita kekalahan. Milan Skriniar lalu kawan-kawan berhasil mendulang 22 poin, walaupun tertinggal dari Portugal yang tersebut mampu menyapu bersih semua laga kualifikasi. Kerja sebanding apik antara Stanislav Lobotka, Ondrej Duda (Verona), lalu Laszlo Benes (Hamburg), dan juga pemain sedang lainnya, mampu menjembatani aliran bola dari belakang ke depan.

Selama lima kali keikutsertaan sebelumnya di dalam kejuaraan Daratan Biru tersebut, Slovakia pernah mencatatkan raihan terbaik dengan berubah menjadi juara pada edisi 1976. Pada ketika itu, timnas berjuluk Slovenski Sokoli atau Elang Slovakia masih bergabung dengan Ceko, sehingga bernama Cekoslovakia. Sedangkan pada Euro 2020, negara itu tidaklah mampu menembus fase grup.

Tim terakhir ke grup E, Rumania, berubah jadi penghuni grup yang digunakan berstatus juara grup pada fase kualifikasi yang digunakan lalu. Skuad asuhan Edward Iordanescu ini pun diprediksi akan berubah jadi kuda hitam grup.

Dalam daftar skuad, Rumania bukan dihuni banyak bintang. Di antara pemain yang tersebut diboyong ke Jerman, semata-mata segelintir nama yang digunakan bermetamorfosis menjadi sorotan publik, yaitu Radu Dragustin (Tottenham Hotspur) lalu Dennis Man (Parma).

Dragustin yang berposisi bek berusia 22 tahun tampil cemerlang sama-sama Genoa, sehingga Tottenham kepincut untuk mendatangkannya pada bursa transaksi Januari 2024. Bersama timnas senior, pemain muda itu telah lama membukukan 20 penampilan untuk negaranya.

Selain Dragustin, Dennis Man yang dimaksud bermain ke Serie B Italia juga tampil mengesankan dengan klubnya, Parma Calcio 1913. Ia mampu mengantarkan klubnya iklan ke Serie A untuk musim 2024/2025.

Dalam lima kali keikutsertaan sebelumnya, prestasi terbaik Rumania adalah menembus fase final pada Euro 2000. Pada 2020, timnas yang dimaksud justru tidaklah mampu lolos dari fase kualifikasi, sehingga tidaklah terlibat juga di pesta sepak bola empat tahunan itu.

Pemain Kunci

Belgia menjadi pasukan yang paling dijagokan di Grup E. Alasannya The Red Devils mempunyai Kevin de Bruyne yang mana masih dianggap sebagai salah satu gelandang terbaik dunia. Kejelian pada mengatur serangan serta tempo permainan berubah menjadi keunggulan De Bruyne dibandingkan dengan rekan senegaranya.

Keunggulan pemain senior 32 tahun yang disebutkan diprediksi bermetamorfosis menjadi kunci Belgia untuk menyihir lawan-lawan. Meski total belaka mencatatkan 26 penampilan dengan klubnya dalam semua kompetisi pada musim ini, pemain pemilik satu peringkat Kompetisi Champions kemudian enam kali juara Kejuaraan Premier Inggris itu, mampu memberi total 18 assist, dan juga menyumbang enam gol.

Pemegang 101 caps serta 27 gol untuk timnas itu akan berubah menjadi andalan pembimbing Domenico Tedesco untuk menjadi pemimpin rekan-rekannya pada mengarungi kompetisi bergengsi dalam Jerman nanti.

Jika Belgia punya De Bruyne, negara Ukraina punya Mykhailo Mudryk yang mana sudah menjelma berubah menjadi andalan bagi klubnya Chelsea di setiap tahun terakhir. Pemain berumur 23 tahun itu, sudah pernah melakoni total 41 pertandingan bersatu klub di tiga kompetisi berbeda pada musim 2023/2024.

Di level timnas, ia sudah ada membukukan 20 penampilan serta dua gol untuk grup senior negeri Ukraina sejak debut pada Mei 2022. Konsistensi penampilan di dalam Chelsea, diharapkan oleh pembimbing Ukraina, Serhiy Rebrov, bisa jadi menular bermetamorfosis menjadi permainan apik, guna menyokong striker haus gol Artem Dovbyk.

Stanislav Lobotka juga akan bermetamorfosis menjadi andalan Slovakia. Pemain berposisi tengah bertahan 29 tahun milik tim Napoli sudah berubah menjadi andalan bagi klub di dua musim terakhir.

Peran Lobotka juga semakin penting. Terbukti, pada Serie A Italia 2023/2024, pemain setinggi 1,68 meter itu telah terjadi tampil total 49 kali pada empat kompetisi berbeda yang tersebut disertai Partenopei. Dia sudah pernah berubah menjadi nyawa permainan tim, sekaligus berperan sebagai ‘gelandang pengangkut air’ yang tak kenal lelah.

Meski berpostur di bawah rata-rata pemain Eropa, ketangguhannya mengingatkan umum terhadap N’Golo Kante yang mana pernah membela Chelsea. Pelatih kepala Barcelona sebelum Hansi Flick, Xavi Hernandez, sempat mengungkapkan kekagumannya terhadap Lobotka sebelum seri kedua di putaran 16 besar Kompetisi Champions musim ini.

Adapun Timnas Rumania akan menaruh harapan besar pada Dennis Man. Bersama Parma Calcio 1913, ia mampu mencuri perhatian umum pecinta sepak bola. Dia mampu mengantarkan klubnya penawaran ke Serie A Italia untuk musim 2024/2025.

Selama tampil di dalam Serie B, ia membukukan total 35 penampilan sama-sama Parma ke dua kompetisi berbeda. Pemain Timnas Rumania berumur 25 tahun serta lebih tinggi 1,83 meter itu bisa saja bermetamorfosis menjadi solusi, bila berjalan kebuntuan di dalam lini serang tim. Pada musim ini, beliau telah dilakukan menorehkan total 13 gol juga memberi 7 assist untuk klub.

Permainan tegas lalu pergerakan kejutan dari pemain tersebut, diharapkan mampu memecah kebuntuan timnas pada waktu berlaga, bila striker seperti George Puscas lalu lainnya belum mampu menjebol gawang lawan.

Berikutnya Daftar Skuad…

  • 1
  • 2
  • Selanjutnya

Artikel ini disadur dari Jadwal, Daftar Skuad. Peta Persaingan Grup E Piala Eropa 2024: Belgia, Ukraina, Slovakia, Rumania

Menasional.com menyajikan berita virtual dengan gaya penulisan bebas dan millenial. Wujudkan mimpimu, Menasional bersama kami

You might also like
Follow Gnews