Erick Thohir Sebut Regulasi 8 Pemain Eksternal Kejuaraan 1 akan Diputuskan Pekan Hal ini

Jakarta – Ketua Umum PSSI Erick Thohir menerbitkan pengumuman mengenai wacana regulasi penyelenggaraan delapan pemain asing pada turnamen Turnamen 1 musim. Ia mengungkapkan bahwa langkah akan ditentukan di satu atau dua hari ke depan.

“Belum (diputuskan persoalan regulasi delapan pemain asing). Nanti satu sampai dua hari ini baru (diputuskan),” ujar beliau pada waktu ditemui seusai Kongres PSSI 2024 ke Hotel Shangri-La, Ibukota Pusat, Senin, 10 Juni.

Sebelumnya, beredar kabar yang dimaksud menyebutkan bahwa Kompetisi 1 musim depan memperbolehkan klub untuk menggunakan jasa delapan pemain asing dengan rincian satu pemain ASEAN kemudian tujuh pemain asing dari negara lain. Direktur PT Turnamen Negara Indonesia Ferry Paulus beberapa waktu tak lama kemudian juga telah membenarkan kabar tersebut.

Nginklan Yuk

Meski begitu, Erick menegaskan bahwa ketika ini pihaknya masih membuka kesempatan terhadap klub lalu PT LIB untuk dapat mengkaji ulang wacana tersebut, apa semata keuntungan kemudian kekurangan yang dimaksud mampu didapat. Namun, ia menegaskan, pada dasarnya PSSI membantu apa pun keputusannya nanti.

“Kami memberi kesempatan liga dan juga klub untuk me-review. Apalagi, ada peraturan AFC sekarang yang terbaru, kami silakan. Yang penting kami mendukung. Tetapi yang paling penting bagaimana tadi, LIB, klub-klub harus bertransformasi seperti kami juga menyokong perubahan struktural ke Asprov,” kata Erick.

Wacana regulasi pemanfaatan delapan pemain asing mulai Kompetisi 1 musim depan menuai respons dari para pemain. Mayoritas menolak rencana tersebut. Mereka bahkan sampai menyebabkan kampanye di dalam media sosial dengan menggungah foto bertuliskan “IniSepakbolaIndonesia” pada akun Instagram-nya tiap-tiap lengkap dengan caption ‘pertanyaan untuk kami semua, apakah ini kompetisi sepak bola Indonesia?’

Namun ada pula pemain yang digunakan mengupayakan wacana tersebut, salah satunya fullback kiri Borneo FC, Diego Michiels. Melalui akun Instagram pribadinya, pemain berdarah Timor itu menafsirkan semakin banyaknya pemain asing akan meningkatkan kualitas kompetisi. “Saya setuju kalau ditambah kuota pemain asing, demi kualitas liga naik, demi kualitas dalam latihan naik, demi kualitas sendiri naik, demi mental naik.”

Liga 1 musim tak lama kemudian sendiri menerapkan regulasi yang mengizinkan klub menggunakan enam pemain asing dengan rincian, satu dari ASEAN kemudian lima dari negara lain. Aturan ini merupakan hasil dari penyesuaian regulasi pada sebelumnya yang hanya sekali mengizinkan klub diperkuat empat pemain asing.

Nginklan Yuk

Artikel ini disadur dari Erick Thohir Sebut Regulasi 8 Pemain Asing Liga 1 akan Diputuskan Pekan Ini

Menasional.com menyajikan berita virtual dengan gaya penulisan bebas dan millenial. Wujudkan mimpimu, Menasional bersama kami

You might also like
Follow Gnews