Cak Imin Sebut AC Mati kemudian Tenda Haji Melebihi Kapasitas

Jakarta, CNBC Indonesi – Ketua Tim Pengawas (Timwas) DPR RI Muhaimin Iskandar mengaku menerima sejumlah laporan menghadapi penyelenggaraan jemaah haji Indonesia. Cak Imin, panggilan akrabnya, menyampaikan salah satunya adalah laporan terkait air conditioner (AC) yang tersebut tiada berfungsi.

“Ada berbagai laporan yang dimaksud masuk, yang digunakan pertama matinya AC dalam mana-mana,” kata Cak Imin terhadap wartawan pada Mina, Arab Saudi, disitir dari detikcom Mulai Pekan (17/4/2024).

Nginklan Yuk

Selain itu, permasalahan lainnya berhubungan dengan tenda jemaah hari RI. Menurut Cak Imin, tenda jemaah haji RI melebihi kapasitas.

“Kemudian overcapacity tendanya, tiada ada kasur. Ini adalah semua harus dikalkulasikan,” ujarnya.

Adapun Timwas Haji DPR sekarang masih terus melakukan pemantauan penyelenggaraan haji 2024 yang tersebut ketika ini sudah ada pada tahap melempar jumrah aqobah ke Mina. Sampai ketika ini, tidaklah ada laporan adanya jemaah yang mana meninggal dunia di rangkaian puncak haji pada Arafah, Muzdalifah, lalu Mina (Armuzna).

Sebelumnya, Cak Imin mengemukakan ada keterlambatan transportasi bus yang dimaksud menyebabkan jemaah haji dari pemondokan ke Arafah. Pengantaran jemaah yang digunakan dijadwalkan pagi hari terlambat hingga siang lalu sore hari.

Nginklan Yuk

Untuk itu, Timwas DPR akan membentuk panitia khusus (pansus) untuk mengevaluasi temuan-temuan tersebut.

Jemaah haji mulai melaksanakan lempar jumrah pasca selesai mengerjakan wukuf di dalam Arafah serta mabit atau menetap pada Muzdalifah. Jadwal lempar jumrah telah dilakukan ditetapkan, jemaah haji Negara Indonesia diimbau untuk melempar jumrah sesuai jadwal.

Untuk diketahui, operasional penyelenggaraan ibadah haji hari ini, Hari Senin 17 Juni 2024 telah terjadi memasuki hari ke-37. Ini adalah sebagaimana diungkapkan Widi Dwinanda, Tim Dunia Pers Center Kementerian Agama, di siaran pers yang ditayangkan secara live ke YouTube Kemenag.

“Saat ini seluruh jemaah sedang menjalani fase puncak haji yaitu bermalam dalam Mina dan juga melontar jumrah. Hari ini, tanggal 11 Zulhijah 1445 Hijriyah adalah hari kedua para jemaah haji berada di dalam Mina kemudian jemaah haji bersiap melakukan lontar jumrah. Jemaah akan melempar jumrah Ula, Wustha, juga Aqabah,” kata Widi, disitir detikHikmah.

Widi melanjutkan, jadwal lontar jumrah yang digunakan sudah pernah ditetapkan oleh Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) tanggal 11 Zulhijah jemaah dapat melakukan lontar jumrah pada pukul 05.00 sampai 11.00 Waktu Arab Saudi (WAS), kemudian pukul 11.00 sampai 17.00 WAS lalu pukul 17.00 sampai 00.00 WAS.

Jemaah bisa jadi menyesuaikan waktu lontar pada ketika sore hari atau di malam hari dengan pertimbangan situasi cuaca tak panas atau lebih lanjut sejuk.

Artikel ini disadur dari Cak Imin Sebut AC Mati dan Tenda Haji Melebihi Kapasitas

Menasional.com menyajikan berita virtual dengan gaya penulisan bebas dan millenial. Wujudkan mimpimu, Menasional bersama kami

You might also like
Follow Gnews