Basuki Hadimuljono Sebut Semua Rumah Menteri di IKN Bisa Digunakan pada waktu 17 Agustus

Jakarta – Menteri Pekerjaan Umum serta Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan sarana prasarana ke Ibu Perkotaan Negara atau IKN Nusantara siap untuk upacara 17 Agustus mendatang. Ia berujar, semua rumah tapak jabatan menteri bisa saja digunakan.

 “36 rumah, siap (digunakan),” ujar Basuki Hadimuljono pada saat ditemui ke Semarang, Jawa Tengah, Senin, 17 Juni 2024.

Begitu pula dengan 12 dari 47 tower hunian aparatur sipil negara (ASN). Basuki berujar, hunian itu nantinya akan digunakan pelaku upacara untuk bermalam. Selain itu, Hotel Nusantara juga akan difungsikan untuk permintaan yang sama.

Nginklan Yuk

Prasarana lain yang siap digunakan pada waktu perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-79, Basuki Hadimuljono menambahkan, adalah rumah sakit. Ia mengatakan Rumah Sakit Hermina dan juga Mayapada dapat membuka layanan Instalasi Gawat Darurat (IGD). “Itu diantaranya salah satu persyaratan kita melaksanakan upacara (di IKN)” kata dia.

Selanjutnya untuk keinginan air, Basuki Hadimuljono berujar, pipa dari Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sepaku ke reservoir dalam Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN sedang di-instal. Rencananya, pada 23 Juni akan dikerjakan comissioning atau uji coba distribusi air tersebut.

“Akhir Juni atau awal Juli, mudah-mudahan telah beroperasi air bersih untuk minumnya. Karena dalam sana (IKN) standarnya air minum,” kata Basuki Hadimuljono.

Pemerintah memang sebenarnya sejak lama merencanakan upacara HUT Kemerdekaan RI tahun ini pada IKN seiring dengan berjalannya perkembangan proyek tersebut. Namun, acara kenegaraan ini tidak ada diselenggarakan sepenuhnya ke ibu kota baru lantaran sebagian masih akan diselenggarakan di dalam Jakarta.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan, upacara belum sanggup dilakukan sepenuhnya pada IKN lantaran pada waktu ini masih periode transisi perpindahan ibu kota negara. Menurut Jokowi, upacara 17 Agustus dapat diselenggarakan ke IKN sepenuhnya pada 2025 setelahnya terbit surat tindakan presiden tentang perpindahan ibu kota negara. “Termasuk juga urusan yang dimaksud berkaitan dengan mobilisasi, transportasi, akomodasi itu tak mudah,” kata Jokowi pada 11 Juni 2024.

Nginklan Yuk

Dengan pelaksanaan upacara pada dua lokasi, pemerintah juga menyiapkan dua skenario. Rencananya, upacara pada IKN akan dipimpin Presiden Jokowi. Eks Pemuka Ibukota itu akan datang didampingi presiden terpilih Pilpres 2024 Prabowo Subianto. Sementara itu, upacara HUT Kemerdekaan Indonesia pada Ibukota Indonesia akan dipimpin Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang tersebut akan segera didampingi perwakilan presiden terpilih Pilpres 2024 Gibran Rakabuming Raka.

RIRI RAHAYU | DANIEL A. FAJRI

Pilihan Editor: Rupiah Makin Melemah, Apindo: Cost of Doing Business Makin Mahal

 

Artikel ini disadur dari Basuki Hadimuljono Sebut Semua Rumah Menteri di IKN Bisa Digunakan saat 17 Agustus

Menasional.com menyajikan berita virtual dengan gaya penulisan bebas dan millenial. Wujudkan mimpimu, Menasional bersama kami

You might also like
Follow Gnews