Adu Bobot Sapi Jokowi kemudian Prabowo di Hari Raya Idul Adha, Simmental Versus Brangus

Jakarta – Presiden Joko Widodo alias Jokowi menyerukan secara secara langsung bantuan sapi kurban pada Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah ke Masjid Raya Baiturrahman Jawa Tengah, Senin, 17 Juni 2024. Penyerahan ini dikerjakan sesaat setelahnya Jokowi menunaikan salat Idul Adha pada Simpang Lima, Semarang.

Sapi kurban yang digunakan diberikan Jokowi merupakan jenis Sapi Simmental. Bobot sapi berusia sekitar 5 tahun itu mencapai 1.250 kilogram atau 1,25 ton. Ini adalah adalah salah satu dari puluhan sapi kurban yang mana dikirim Jokowi ke bervariasi kota di Indonesia. Sapi jenis peranakan Ongole berbobot 1.010 kilogram, misalnya, ada di dalam Masjid Al Akbar Surabaya.

Terpisah, Presiden terpilih Prabowo Subianto juga mengirim seekor sapi seberat 1.267 kilogram ke Masjid Istiqlal Ibukota ke antara 48 hewan kurban yang disediakannya tahun ini. Sapi yang dimaksud dikirim ke Istiqlal berasal dari jenis Brangus lalu juara sapi kontes terberat di dalam Ibukota yang digunakan dijalankan beberapa waktu lalu. 

Nginklan Yuk

Sapi Douglas seberat 1,2 ton yang dimaksud dibeli Prabowo Subianto untuk Idul Adha 2024. Cuplikan Tiktok/Jagad Tani

Selain Simmental, Ongole, kemudian Brangus, berikut jenis sapi ternak di Nusantara dan juga biasa menghiasi pemberitaan ketika hari raya Idul Adha seperti hari ini–sebagian di antaranya jenis sapi lokal:

Sapi Brahman

Sapi Brahman merupakan sapi yang tersebut berasal dari India lalu merupakan keturunan dari bos indiscuss atau yang dimaksud juga dikenal sebagai Sapi Zebu. Ciri utamanya adalah memiliki punuk yang besar kemudian telinga panjang.

Sapi Simmental

Nginklan Yuk

Sapi Simmental dikenal dengan tubuh besar, kekar, dan juga berotot. Warna bulu sapi selama Swiss ini warna kekuningan kecoklatan atau merah dengan bercak putih. Sapi Simmental kerap digunakan pada perbaikan genetik ternak pada bermacam negara, membuatnya berubah jadi pilihan populer untuk budidaya lalu sebagai hewan kurban.

Sapi Limousin

Sapi Limousin pertama kali dikembangbiakkan di Prancis. Sapi ini miliki tubuh besar, dengan otot yang mana melampaui Simental. Warna bulu coklat muda hingga tua. Daging sapi Limousin sangat populer dalam pangsa premium.

Kurban sapi jenis Limousin berbobot 700 kilogram dari Wali Perkotaan Surakarta sekaligus Wakil Presiden Terpilih periode 2024–2029, Gibran Rakabuming Raka, ke Masjid Agung Al-Azhar, Kebayoran Baru, DKI Jakarta Selatan, Hari Senin 17 Juni 2024. (ANTARA/Lintang Budiyanti Prameswari)

Sapi Ongole

Sapi Ongole merupakan jenis sapi ternak jika India yang digunakan biasa dipekerjakan membajak sawah lalu mengangkut beban berat. Ciri umumnya mempunyai punuk besar, warna putih hingga abu-abu. Sapi Ongole dikenal dikarenakan ketahanannya terhadap penyakit lalu cuaca ekstrem, rutin digunakan di persilangan untuk meningkatkan kualitas ternak lokal ke Indonesia.

Sapi Angus

Sapi Angus berasal dari Skotlandia kemudian Inggris. Sapi ini mempunyai ciri warna bulu hitam juga tak mempunyai punuk serta tanduk.

Sapi Brangus

Jenis ini merupakan sapi yang digunakan dihasilkan dari persilangan Sapi Brahman dengan Sapi Angus. Sapi Brangus mempunyai warna hitam yang dimaksud sejenis dengan Sapi Angus, tetapi bentuk tubuhnya tambahan besar dan juga ada tanduk kecil. Bobot sapi dewasanya dapat mencapai hingga 1800 kilogram, atau melampaui jenis-jenis lainnya.

Sapi Brangus. Sipinter.gov.id

Sapi Bali

Sapi Bali adalah salah satu ternak asli Indonesia. Jenis sapi pekerja ini pada waktu lahir mempunyai warna sawo matang merah mengkilap dengan garis hitam di punggung. Setelah dewasa, yang tersebut jantan akan berubah warna berubah jadi hitam. Memiliki tubuh yang relatif sedang, Sapi Bali simpel ditemukan di beragam area di dalam Indonesia.

Sapi Madura

Jenis sapi ternak potong lokal Nusantara ini juga miliki ukuran tubuh sedang, warna coklat kemerahan. Sapi ini juga merupakan pilihan populer untuk hewan kurban sebab ketersediaannya yang digunakan berlimpah di dalam tempat asal.

Sapi Madura. Disnak.jatimprov.go.id

Sapi Aceh

Sapi Aceh merupakan jenis yang digunakan dihasilkan antara persilangan bos sondaicus dengan Sapi Zebu. Jenis Sapi Aceh pada umumnya mempunyai warna merah bata, mempunyai punuk serta bergelambir.

Sapi Brahman Cross

Sapi Brahman lokal ini adalah hasil persilangan Brahman dengan bervariasi jenis sapi keturunan Eropa, seperti Hereford, Simmental, juga Limousin.
 

Sapi Peranakan Ongole

Hasil persilangan antara sapi jantan Sumba ongole dengan sapi Jawa asli betina yang digunakan berwarna putih. Namun, pada saat ini sudah pernah sejumlah disilangkan dengan Sapi Brahman sehingga disebut sebagai sapi lokal berwarna putih atau keabu-abuan.

BERBAGAI SUMBER

Artikel ini disadur dari Adu Bobot Sapi Jokowi dan Prabowo di Hari Raya Idul Adha, Simmental Versus Brangus

Menasional.com menyajikan berita virtual dengan gaya penulisan bebas dan millenial. Wujudkan mimpimu, Menasional bersama kami

You might also like
Follow Gnews