Memudahkan Petualangan Wisata di desa suela

Mahasiswa KKN Unram Membuat Peta Wisata dan Plang Penunjuk Arah untuk Desa Suela*

 

Nginklan Yuk

Foto Bersama: Mahasiswa KKN-PMD Unram Berpose di Depan Peta Wisata yang Telah Mereka Buat di Desa Suela. (doc. pribadi)

Dalam upaya meningkatkan kenyamanan dan pengalaman para wisatawan, mahasiswa KKN-PMD Unram telah merancang dan memasang peta wisata serta plang penunjuk arah di Desa Suela.

Peta dan plang penunjuk arah bukan hanya sekadar visual menarik, melainkan merupakan sarana vital dalam memberikan panduan kepada masyarakat dan pengunjung tentang destinasi wisata yang tersedia. Dalam konteks lokal, peta dan plang ini menjadi alat penting untuk memberikan informasi yang jelas dan meminimalkan kebingungan pengunjung saat mencari tempat wisata.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh mahasiswa KKN-PMD Unram di Desa Suela, belum terdapat fasilitas peta wisata dan plang penunjuk arah. Sebagai respons terhadap temuan ini, mahasiswa tersebut mengambil inisiatif untuk membuat dan memasang peta serta plang penunjuk arah destinasi wisata di desa tersebut.

Arip Septiandi, Ketua KKN-PMD UNRAM Desa Suela, menjelaskan bahwa tujuan dari pembuatan peta wisata dan plang penunjuk arah ini adalah untuk memudahkan pengunjung dalam menemukan lokasi wisata di Desa Suela.

Nginklan Yuk

“Dengan adanya peta wisata dan plang penunjuk arah, kami berharap dapat meningkatkan aksesibilitas masyarakat luar menuju objek wisata di Desa Suela. Ini penting mengingat banyaknya potensi wisata di desa kami, seperti Kebun Raya Lemor, Embung Kembar II, Pemandian Lemor, dan berbagai fasilitas umum lainnya,” ungkapnya (6/2/2024).

Arip menambahkan bahwa proses pembuatan peta wisata dan plang penunjuk arah memakan waktu sekitar satu minggu, meliputi survei tempat wisata, pengambilan gambar untuk keperluan promosi, proses editing, desain, dan revisi.

“Setelah peta wisata dan plang penunjuk arah selesai, kami memasangnya di titik-titik strategis seperti depan Kantor Desa untuk peta wisata dan di Rest Area untuk plang penunjuk arah,” tambahnya.

Pemasangan peta wisata dan plang penunjuk arah ini menandai keberhasilan dalam upaya pemberdayaan masyarakat desa dengan melibatkan berbagai pihak, termasuk mahasiswa KKN, mahasiswa PKL, Pemuda Desa Suela, serta pihak Desa Suela sendiri.

You might also like
Follow Gnews