Survei Ipsos: Fitur Shopee Live jadi pilihan utama brand lokal & UMKM

Ibukota Indonesia – Perusahaan riset bursa Ipsos mengumumkan hasil riset "Tren Live Streaming E-commerce bagi Penjual” di dalam tahun 2023 yang dimaksud memperlihatkan situasi serta keadaan lingkungan ekonomi digital pada periode kuartal ketiga pada tahun 2023.

Berdasarkan survei yang mana melibatkan seller dari brand lokal & UMKM pada Tanah Air yang memanfaatkan beragam ciri live stream di marketplace melalui IPSOS Online Panel, tercatat bahwa Shopee Live masih berubah menjadi pilihan utama fasilitas live streaming yang paling disukai para brand lokal dan juga UMKM pada tahun itu.

Shopee Live berubah menjadi pemimpin di indikator layanan live streaming yang paling diingat oleh brand lokal juga UMKM (Top of Mind/TOM) dengan persentase 77 persen, melampaui pesaing terdekatnya Tiktok Live sebesar 19 persen.

Nginklan Yuk

Sedangkan di indikator ciri live streaming yang paling kerap digunakan oleh brand lokal serta UMKM (Brand Used Most Often/BUMO), Shopee Live mempunyai persentase 72 persen dibandingkan TikTok Live 26 persen.

Untuk market share, Shopee Live (82 persen) juga bermetamorfosis menjadi wadah yang dimaksud paling banyak dipilih untuk keinginan transaksi jual beli brand lokal dan juga UMKM, sangat melampaui TikTok Live sebesar 18 persen.

"Akhir tahun 2023 lalu, kami meninjau bagaimana peluncuran Shopee Live mendominasi bursa live streaming bagi penjual. Tahun 2024 ini dunia e-commerce diwarnai oleh pembaharuan yang dimaksud signifikan, tantangan yang semakin dinamis hingga munculnya pemain baru," kata Executive Director IPSOS Indonesia, Andi Sukma di siaran resmi pada Jumat.

"Jika kita meninjau kembali pada survei yang sudah IPSOS lakukan, Shopee Live berubah jadi fasilitas live streaming yang unggul di berubah-ubah aspek penting yang dimaksud dilihat oleh brand lokal serta UMKM, seperti menyediakan pelayanan yang mana terbaik dan juga memberikan peningkatan omzet terbesar," kata dia.

Sehingga apabila Shopee terus mempertahankan dan juga meningkatkan kegunaan ciri ini bagi para penjual, lanjut Andi, tahun ini pun Shopee Live diprediksi masih mendominasi layanan live streaming pilihan brand lokal kemudian UMKM ke antara e-commerce lainnya.

Nginklan Yuk

Aspek penting

Aspek penting yang memengaruhi preferensi para penjual pada memilih fasilitas live streaming di sistem e-commerce antara lain layanan yang memuaskan, meningkatkan pendapatan serta berkontribusi pada peningkatan bisnis.

1. Live streaming memuaskan

Melalui live streaming, brand lokal serta UMKM dapat berinteraksi secara real-time, menjawab pertanyaan, kemudian memberikan informasi dengan segera terhadap konsumen.

Fitur kemudian layanan ini mampu menciptakan pengalaman belanja yang digunakan lebih banyak dari sekadar kegiatan jual-beli melainkan menghadirkan kedekatan
antara penjual dengan konsumen.

Menurut data survei IPSOS di akhir 2023, Shopee Live menunjukkan keunggulan yang dimaksud signifikan pada menyediakan layanan terbaik bagi brand lokal lalu UMKM dengan persentase 67 persen, jarak jauh mengawasi dibandingkan dengan TikTok Live (25 persen), Lazada Live (5 persen), serta Tokopedia Play (3 persen).

Hal itu sejalan dengan hasil temuan survei IPSOS, ke mana Shopee Live (63 persen) dianggap oleh brand lokal lalu UMKM sebagai live streaming dengan layanan interaktif terbaik, disertai TikTok Live (25 persen), Lazada Live (7 persen), lalu Tokopedia Play (6 persen).

2. Mengoptimalkan omzet

Fitur live streaming juga unggul pada memberikan pengalaman belanja yang berbeda untuk konsumen, sekaligus berpengaruh terhadap pemasukan brand lokal kemudian UMKM.

Dalam perbandingan antara sistem e-commerce, lebih banyak dari setengah brand lokal kemudian UMKM (67 persen) mengakui bahwa Shopee Live memberikan peningkatan pendapatan terbesar terhadap bisnis, melampaui TikTok Live (25 persen), Tokopedia Play (4 persen), serta Lazada Live (4persen).

Shopee Live juga dipilih oleh seller sebagai fasilitas live streaming yang memberikan keuntungan terbaik (67 persen), dihadiri oleh TikTok Live (26 persen), Tokopedia Play (4 persen), kemudian Lazada Live (3 persen).

3. Kontribusi perkembangan bisnis

Para brand lokal kemudian UMKM ke Negara Indonesia mengungkapkan bahwa Shopee Live dengan 64 persen mendominasi kedudukan sebagai fasilitas live streaming yang paling membantu brand lokal kemudian UMKM untuk bertumbuh, mengungguli TikTok Live (27 persen), Lazada (6 persen) kemudian Tokopedia Play (3 persen ).

Sebanyak 65 persen brand lokal lalu UMKM mengkaji acara edukasi yang digunakan ditawarkan Shopee Live sangat bermanfaat serta membantu para penjual. Hal itu menunjukkan komitmen sistem yang disebutkan untuk membekali para penjual dengan pengetahuan kemudian keahlian agar dapat memperoleh keuntungan yang optimal pada transaksi jual beli live streaming.

Selain itu, adopsi kegiatan mirip pada e-commerce lainnya masih tertinggal dengan TikTok Live (28 persen), Lazada Live (5 persen), juga Tokopedia Play (3 persen).

"Dengan data-data ini, dapat disimpulkan bahwa Shopee Live menjadi jaringan live streaming pilihan utama brand lokal kemudian UMKM. Shopee Live menjawab bervariasi aspek penting yang dibutuhkan oleh para penjual di mengembangkan bidang usaha dia serta memberikan hasil hasil penjualan terbesar bagi brand lokal juga UMKM,” ujar Andi Sukma.

 

Artikel ini disadur dari Survei Ipsos: Fitur Shopee Live jadi pilihan utama brand lokal & UMKM

You might also like
Follow Gnews