Pemkot Bogor Bakal Pangkas Pohon Rawan Tumbang Cegah Pemotor Tewas Terulang

Bogor

Pengendara kendaraan beroda dua motor bernama Saputra Dwi Andika (19) tewas tertimpa pohon tumbang dalam Jalan KS Tubun, Pusat Kota Bogor. Pemkot Bogor akan segera memangkas pohon yang rawan tumbang demi menghindari kejadian sama terulang.

Kepala Sektor Pengelolaan Keanekaragaman Hayati Disperumkim Pusat Kota Bogor Devi Librianti awalnya mengemukakan pihaknya telah terjadi melakukan pemetaan terhadap pohon rawan tumbang pada Perkotaan Bogor. Dia memaparkan pohon-pohon ke Bogor dibagi ke pada empat kategori.

Nginklan Yuk

“Data 2023 total ber-KTP pohon 1.632. Masuk kategori merah atau ekstrem 242 pohon, kategori cokelat atau risiko besar 107 pohon, kategori jaundice atau risiko tinggi 299 pohon, kategori hijau atau risiko rendah 984 pohon,” kata Devi untuk wartawan, Hari Jumat (14/6/2024).

Devi menyatakan pohon yang mana didata itu berada dalam jalur hijau atau di dalam jalur utama yang berubah menjadi kewenangan Pemkot Bogor. Menurutnya, pohon-pohon yang tersebut berada dalam pinggir jalan nasional belum didata.

“Kami data terakhir 2023, pasca itu kan ada pembagian jalur lalu kewenangan. Jadi kami sudah ada tiada peng-KTP-an di jalur jalan nasional, dikarenakan sudah ada dibagi-bagi kewenangan, baik itu mengenai jalan maupun pohon,” kata Devi.

Nginklan Yuk
ADVERTISEMENT

“Untuk pohon ber-KTP, teristimewa kategori merah, kita lakukan pengawasan juga pemeliharaan rutin. Sebagian (pohon ber-KTP merah) sudah ada dilaksanakan penebangan,” imbuhnya.

Devi kemudian mengungkapkan pohon yang dimaksud tumbang lalu menimpa pemotor hingga tewas ke Jalan KS Tubun berada ke lahan warga. Dia mengaku akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menghindari insiden mirip terulang.

“Itu nggak yang dimaksud diantaranya didata serupa kami, lantaran titiknya di jalan nasional. Kemarin kami telah konfirmasi dengan badan jalan nasional, juga itu berada di tebingan milik warga juga, jadi bukan satu di antaranya pohon yang kami data,” kata Devi.

“Biarpun itu tidak berada ke jalur kami kemudian kewenangan kami, berkaca dengan kejadian kemarin kami akan lakukan penindakan, sebab ada beberapa pohon yang mana membahayakan juga, kami sudah ada koordinasi dengan jalan nasional serta akan kerja sama,” sambungnya.

(sol/haf)

Artikel ini disadur dari Pemkot Bogor Bakal Pangkas Pohon Rawan Tumbang Cegah Pemotor Tewas Terulang

You might also like
Follow Gnews