Menkominfo: PLN Hub topang infrastruktur PDN juga 5G di IKN

DKI Jakarta – Menteri Komunikasi kemudian Informatika Budi Arie Setiadi mengkaji keberadaan Korporasi Listrik Negara (PLN) Hub akan menopang infrastruktur Pusat Angka Nasional (PDN) juga konektivitas 5G di Ibu Daerah Perkotaan Nusantara (IKN).

Budi Arie memaparkan PLN Hub akan menyediakan infrastruktur kelistrikan untuk operasional Pusat Informasi Nasional PDN di dalam Ibu Pusat Kota Nusantara (IKN) guna mewujudkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (PSBE).

"Keberadaan PLN Hub ini bisa jadi sangat membantu pengoperasian pusat data nasional di IKN," kata ia sebelum Groundbreaking PLN Hub ke IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu.

Nginklan Yuk

Dikutip dari rilis pers, Rabu, Budi Arie menyatakan PLN Hub akan mengintegrasikan seluruh habitat kelistrikan IKN yang tersebut menopang infrastruktur telekomunikasi lalu digital.

"Jadi hari ini akan diresmikan PLN Hub ke mana PLN Hub ini kan seluruh sistem ekologi kelistrikan dalam Nusantara, di antaranya juga bagaimana infrastruktur telekomunikasi lalu infrastruktur digital ini diwujudkan," tuturnya.

Budi Arie mengemukakan PLN Hub juga berubah menjadi kunci layanan teknologi telekomunikasi terbaru, salah satunya jaringan 5G.

"PLN Hub sebagai pusat infrastruktur kelistrikan ke IKN menjadi penting. Kita sudah ada dorong pembangunan ekonomi jaringan telekomunikasi 5G, tapi ini kan banyak hal oleh sebab itu pembangunan ekonomi infrastruktur telekomunikasi sangat mahal ya," kata dia.

Budi Arie menekankan peran strategis PLN Hub pada menggalang pengembangan jaringan telekomunikasi 5G sebagai salah satu infrastruktur konektivitas digital dalam IKN.

Nginklan Yuk

Pasokan listrik yang digunakan stabil dan juga andal dari PLN Hub dinilai akan menjamin jaringan 5G dapat beroperasi secara optimal sehingga menghadirkan konektivitas digital di dalam IKN.

Menkominfo menambahkan bahwa teknologi 5G bukanlah hanya saja tentang kecepatan internet yang dimaksud tinggi, tetapi juga membuka potensi meningkatkan kualitas layanan rakyat Pemerintah.

“Jaringan 5G akan memungkinkan perangkat lunak di Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik sanggup diterapkan,” ucapnya.

Budi Arie menambahkan bahwa kolaborasi antara PLN lalu operator telekomunikasi berubah menjadi kunci keberhasilan implementasi konektivitas digital pada IKN.

Pembangunan PLN Hub dalam IKN berubah menjadi bukti komitmen pemerintah di menghadirkan konektivitas digital terbaik bagi masyarakat.

"Apalagi PLN punya Icon Plus yang juga mengupayakan infrastruktur telekomunikasi," ucap Budi Arie.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyatakan lingkungan kelistrikan di IKN akan berbasis energi terbarukan dengan dukungan sistem yang dimaksud cerdas.

“Salah satu tugas kami adalah merancang lingkungan kelistrikan yang digunakan smart, green, tetapi juga beautiful. Jadi ini satu ekosistem renewable energy,” jelasnya.

Darmawan menegaskan kesiapan penyediaan infrastruktur listrik untuk PDN yang digunakan andal juga ramah lingkungan.

 

Artikel ini disadur dari Menkominfo: PLN Hub topang infrastruktur PDN dan 5G di IKN

You might also like
Follow Gnews