Harapan Pramono Anung tentang Figur Sekretaris Kabinet Prabowo-Gibran

Jakarta – Sekretaris Kabinet Presiden Joko Widodo alias Jokowi, Pramono Anung menyampaikan harapannya untuk khalayak yang digunakan akan meneruskan posisinya dalam kabinet presiden terpilih Prabowo Subianto. Menurut Pramono, ada kriteria-kriteria khusus yang tersebut perlu dimiliki pejabat sekretaris kabinet (Seskab) agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

Pramono mengutarakan kriteria yang dimaksud pada rapat sama-sama Komisi II DPR RI di kompleks parlemen Senayan, Ibukota Indonesia pada Selasa, 11 Juni 2024. “Kami mendoakan mudah-mudahan Sekretariat Kabinet yang digunakan baru adalah yang memang benar mengerti akan apa yang berubah menjadi tugas pokok Seskab,” kata Pramono di rapat tersebut.

Pramono mengemukakan sosok yang tersebut menduduki kursi sekretaris kabinet harus memahami begitu berbagai hal di seluk-belum pemerintahan. Sebab, kata dia, Sekretariat Kabinet bertugas mengurusi semua Keputusan Presiden (Keppres) yang dimaksud berkaitan dengan eselon I juga pejabat-pejabat besar pemerintahan.

Nginklan Yuk

Selain itu, ada tugas yang dimaksud berkaitan dengan para menteri kabinet. “Sehingga tugasnya tidaklah ringan, satu di antaranya persetujuan Permen (peraturan menteri) dan juga sebagainya,” ucap Pramono.

Maka dari itu, Pramono berharap warga yang tersebut ditunjuk Prabowo berubah menjadi sekretaris kabinet adalah sosok yang mana miliki berbagai pengalaman dalam beraneka bidang kenegaraan. Parameter itu, kata dia, berlaku juga untuk calon menteri sekretaris negara dalam kabinet Prabowo.

“Kami mengharapkan mudah-mudahan warga yang digunakan punya pengalaman baik di dalam DPR maupun di dalam eksekutif yang mana berubah jadi Sekretariat Kabinet atau yang mana berubah jadi menteri yang tersebut ada di Istana,” kata Pramono.

Dalam rapat kali ini, Pramono juga bergabung mengeksplorasi rancangan anggaran Sekretariat Negara untuk 2025. Dia memohonkan kenaikan sebesar Simbol Rupiah 164,3 miliar dari pagu indikatif Simbol Rupiah 428,94 miliar terhadap Komisi II DPR. Dihitung total, Pramono meminta-minta agar anggaran Setkab naik berubah menjadi Mata Uang Rupiah 593,24 miliar.

Pramono pun memohonkan agar usulan itu dapat dipenuhi DPR. “Kami mengusulkan adanya tambahan anggaran 2025 juga usulan itu bukanlah bagi pemerintahan ini atau bagi kami pribadi atau Sekretariat Kabinet yang tersebut ada sekarang ini, tapi untuk pemerintahan baru ke depan,” kata dia.

Nginklan Yuk

Adapun usulan kenaikan yang tersebut disampaikan Pramono memiliki beberapa alasan. Di antaranya kepindahan Sekretariat Kabinet beserta beberapa aparatur sipil negara (ASN) lalu acara-acara kenegaraan ke Ibu Pusat Kota Negara (IKN) Nusantara hingga untuk membiayai tugas baru Setkab.

Artikel ini disadur dari Harapan Pramono Anung soal Figur Sekretaris Kabinet Prabowo-Gibran

You might also like
Follow Gnews