Apakah Fakta dalam Aplikasi Pinjol Bisa Dihapus? Hal ini Penjelasannya

Jakarta – Ketika seseorang mengajukan pinjaman melalui program pinjol atau pinjaman online, merekan diharuskan untuk memberikan beberapa jumlah data pribadi. Angka ini sanggup meliputi nama lengkap, alamat, nomor telepon, informasi pekerjaan, hingga akses ke kontak ke ponsel. Tapi, apakah data di aplikasi mobile pinjol mampu dihapus?

Pinjol sejumlah diminati penduduk sebab tahapan pinjamannya yang mana cepat. Cukup modal KTP serta foto selfie, uang pinjaman mampu segera cair ke rekening. 

Namun dibalik kemudahannya, sejumlah juga pengguna yang digunakan takut dengan privasi lalu keamanan data pribadi, sehingga rutin muncul pertanyaan apakah data pada perangkat lunak pinjol mampu dihapus.

Nginklan Yuk

Apakah Angka di dalam Aplikasi komputer Pinjol Bisa Dihapus?

Ya. Informasi ke perangkat lunak pinjol dapat dihapus. Beberapa aplikasi mobile memberikan opsi untuk pengguna untuk meminta-minta penghapusan data setelahnya pinjaman dilunasi. 

Selain itu, setiap program pinjol wajib miliki kebijakan privasi yang menjelaskan bagaimana data pengguna dikumpulkan, digunakan, serta disimpan.

Namun, kebijakan penghapusan data pinjol ini dapat tergantung pada kebijakan internal setiap penyedia layanan. 

Oleh oleh sebab itu itu, sebelum memutuskan untuk meminjam uang di pinjol, pengguna sebaiknya membaca kebijakan ini sebelum menggunakan layanan.

Cara Menghapus Informasi Pinjol

Cara hapus data ke aplikasi mobile pinjol mampu diwujudkan setelahnya Anda tidaklah lagi membutuhkan layanan tersebut. 

Nginklan Yuk

Dengan menghapus data pinjol, maka seluruh data pribadi yang mana telah lama ditautkan pada perangkat lunak pinjol akan dihapus. Cara ini juga bisa jadi bermanfaat untuk mengantisipasi penyalahgunaan data. Lalu, bagaimana caranya?

1. Menghapus Akun Pinjol

–   Buka program pinjol lalu login ke akun.

–   Cari menu “Pengaturan Akun” atau “Settings” pada menu utama aplikasi.

–   Di pada menu pengaturan, cari opsi “Hapus Akun” atau “Delete Account”.

–   Ikuti instruksi yang tersebut diberikan untuk menyelesaikan tahapan penghapusan akun.

–   Biasanya, Anda akan diminta untuk memberikan konfirmasi tambahan sebelum akun benar-benar dihapus. Pastikan untuk membaca informasi yang mana diberikan dengan cermat sebelum mengonfirmasi penghapusan akun.

2. Menghubungi Customer Service Pinjam pakai Online

Jika Anda mengalami kesulitan pada menghapus data secara mandiri, Anda dapat menghubungi call center atau customer service penyedia layanan pinjol. 

Sampaikan permintaan untuk menghapus akun kemudian data pribadi Anda dari sistem mereka. Biasanya, merekan akan memberikan petunjuk tambahan lanjut atau prosedur yang tersebut harus dihadiri oleh agar data dapat dihapus dengan efektif.

3. Menghubungi Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Cara hapus data dari aplikasi mobile pinjol yang mana terakhir adalah dengan menghubungi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Anda dapat mengajukan permohonan penghapusan data pribadi Anda yang digunakan tersimpan di dalam aplikasi mobile pinjol untuk OJK melalui menu Pengaduan atau melalui laman resmi OJK dalam www.ojk.co.id. 

Selain itu, Anda juga dapat mengirimkan permohonan penghapusan data ke email OJK di dalam waspadainvestasi@ojk.go.id atau menghubungi Whatsapp resmi OJK dalam 081-157-157-157 atau nomor kontak OJK dalam 157.

RIZKI DEWI AYU

Artikel ini disadur dari Apakah Data di Aplikasi Pinjol Bisa Dihapus? Ini Penjelasannya

You might also like
Follow Gnews