Menkominfo ajak media menyokong pengembangan Teknologi AI berfokus pada kemanusiaan

DKI Jakarta – Menteri Komunikasi juga Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menghadirkan media massa ke Indonesia untuk sanggup menyokong pengembangan kecerdasan artifisial atau artificial intelligence (AI) sebagai solusi yang dimaksud berfokus pada kemanusiaan.

Menurut Budi hal itu sejalan dengan perhatian global melalui Organisasi Pendidikan, Keilmuan, juga Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) yang digunakan berfokus bahwa pengembangan Teknologi AI pada dasarnya harus mengutamakan manusia dan juga merawat kemanusiaan.

“Minggu berikutnya saya baru dari Swiss. Kita sama-sama mengkampanyekan Kecerdasan Buatan yang pro people and humanity, pro manusia lalu kemanusiaan," tuturnya pada sebuah acara bersatu media massa di Ibukota Indonesia Selatan, Kamis.

Menurut Budi dengan media memperkuat kampanye pengembangan Kecerdasan Buatan yang digunakan berpusat pada manusia kemudian kemanusiaan maka pemanfaatannya pun akan datang memberikan sejumlah hal positif.

Beberapa ke antaranya nantinya dapat memunculkan Kecerdasan Buatan sebagai solusi bagi manusia yang tersebut mempertimbangkan kesejahteraan manusia, nilai-nilai kemanusiaan, serta hak asasi manusia.

Meski demikian pendekatan yang disebutkan ketika ini masih menemukan tantangan akibat teknologi Kecerdasan Buatan yang dimaksud ketika ini meningkat adaptasi dalam rakyat luas masih rentan digunakan oleh pihak bukan bertanggung jawab untuk melakukan penyalahgunaan informasi dan juga menciptakan bias ke masyarakat.

Oleh karenanya, menurut Budi, media berperan besar untuk mengupayakan implementasi pendekatan Kecerdasan Buatan yang tersebut berfokus pada kemanusiaan lalu manusia.

"Karena ini eranya AI, Artificial Inteligence. Di era digitalisasi pada waktu ini, media harus mampu menjawab tantangan yang tersebut ada,” katanya.

Ia pun mengundang media massa juga sanggup mengambil bagian terlibat memanfaatkan Kecerdasan Buatan secara positif untuk meningkatkan produktivitas perusahaan sehingga nantinya pemanfaatan Kecerdasan Buatan yang disebutkan dapat berubah menjadi contoh sukses dari pengembangan Artificial Intelligence yang bertanggung jawab.

Apalagi mengingat tempat media yang juga mampu berperan sebagai pendidik masyarakat, Budi meyakini penerapan Artificial Intelligence pada media akan menghadirkan khasiat besar bagi berbagai pihak termasuk masyarakat.

“Di era digital, media harus mampu menjawab tantangan dan juga prospek baru, juga memberikan informasi yang mana akurat serta bermanfaat bagi masyarakat,” katanya.

 

Artikel ini disadur dari Menkominfo ajak media dukung pengembangan AI berfokus pada kemanusiaan

You might also like
Follow Gnews